Logo BeritaSatu

Ingin Jadi Konten Kreator? Ini Tips Jitu Andrian Dermana

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:00 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perkembangan teknologi, khususnya media sosial (medsos), memberi dampak signifikan bagi tren marketing. Berbeda dengan cara-cara konvensional, medsos saat ini menjadi alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau pasar lebih luas, bahkan nyaris tanpa batas.

Tak hanya bisnis online, peluang yang sama juga terbuka lebar bagi influencer dan konten kreator. Namun, harus diakui banyak konten kreator pemula yang kebingungan mengawalinya.

Kondisi ini disadari pegiat media sosial, Andrian Dermana, yang sudah malang melintang di dunia maya.

Menurut Andrian, sebelum menghibur orang dengan kreasi yang dihasilkan, konten kreator harus lebih dahulu memahami diri sendiri.

"Prinsipnya sederhana, lakukan apa yang menjadi passion, tebarkan pengaruh positif dari apa yang kalian bikin, dan hasil baik pasti akan mengiringi," kata Andrian, di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Ingin Jadi Konten Kreator? Ini Tips Jitu Andrian Dermana
Kiprah Andrian Dermana dari kontent kreator, tim komunikasi publik KPC-PEN hingga berkarier di anak usaha Telkomsel.

"Harus mulai dari senangnya apa, tergantung kuatnya dimana. Apakah video, jago nyanyi atau kuat di copywriting. Juga harus punya sense yang kuat untuk menangkap keinginan dan kebutuhan pasar. Kalau melihat tren sekarang, pengguna medsos lebih menyukai video dibanding grafis," imbuhnya.

Adrian menambahkan, pemilihan platform juga penting, karena masing-masing memiliki karakter berbeda. "Medsos punya karakter berbeda. Kalau Twitter masih sama, untuk bicara open. IG kontennya lebih edukatif, kalau Tiktok semuanya diambil. Jadi intinya harus jelas, fokus medsos kita untuk keperluan apa," tambahnya.

Adapun hal tak kalah penting adalah up to date dengan tren terbaru, dan konsisten dalam berkarya. Adrian menjelaskan, konsistensi menjadi penting untuk membentuk ciri khas seorang pebisnis online dan konten kreator. "Konsisten pada produk yang dijual, atau tema yang diekplorasi," tandasnya.

Sama seperti kebanyakan konten kreator, ketertarikan Andrian pada medsos bermula dari hobi membuat meme yang dituangkan lewat akun anonim @abang_medan.

"Pakai akun abang medan, bikin meme-meme kocak. Isinya tentang keresahan, dan juga kita suka bikin trending dengan tagar atau hashtag tertentu bersama beberapa konten kreator lainnya seperti dyodoran, Clairine clay, Ria Ricis dan beberapa konten kreator yang tergabung di komunitas Memeinajah," ujarnya.

Baca selanjutnya
Dari lucu-lucuan, tipe konten Andrian berubah. "Setelah itu saya memanfaatkan medsos ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Takjub dengan Gugusan Pulau Tawale, Sandiaga Uno: Gate of Heaven

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno takjub dengan gugusan Pulau Tawale, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

LIFESTYLE | 27 November 2022

The Ataris dan FKJ Batal Tampil di Soundrenaline 2022, Kenapa?

Dua grup musik asal Amerika Serikat, The Ataris dan French Kiwi Juice (FKJ) batal tampil di Soundrenaline 2022 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara. 

LIFESTYLE | 27 November 2022

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Solo Dipadati Ribuan Baladewa

Ribuan Baladewa hadir menikmati Konser 30 Tahun Dewa 19 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Sabtu malam (26/11/2022).

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

NEWS | 19 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE