Logo BeritaSatu

Waspadai Fenomena Catfishing, Ini Cara Menghindarinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:06 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Perkembangan teknologi digital diyakini telah semakin memudahkan orang memalsukan identitas untuk berbuat kejahatan. Salah satunya ialah fenomena catfishing, sebuah istilah untuk menggambarkan seseorang yang menggunakan informasi palsu untuk membuat identitas baru di media sosial (medsos) atau platform online lainnya.

”Penipu mencuri dan menggunakan foto, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, dan informasi pribadi orang lain untuk menciptakan persona online yang dapat dipercaya,” ujar pengajar Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang Hudan Eka Rosyadi, pada webinar literasi digital, Indonesia Makin Cakap Digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk komunitas digital di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Senin (8/8/2022).

Webinar literasi digital kali ini mengangkat tema "Mengenal Fenomena Catfishing dan Cara Menghindarinya". Menurut Eka, catfishing umumnya sering terjadi di media sosial, aplikasi percakapan dan situs kencan online. Beberapa alasan orang melakukan catfishing, di antaranya karena insecurity, kesepian, dan sulit menjalin hubungan sosial.

”Alasan lain adalah ingin menipu dan mencuri uang korban, menculik, kesehatan mental, balas dendam, dan bereksperimen dengan preferensi seksual,” sebut Eka.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 yang merupakan bagian dari sosialisasi gerakan nasional literasi digital ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan Siberkreasi. Kegiatan yang diagendakan digelar hingga awal Desember nanti ini diharapkan mampu memberikan panduan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas digital.

Eka menyarankan para pengguna digital untuk tidak segan melakukan riset terhadap pelaku melalui aplikasi Google Image untuk menghindari catfishing.

”Selain itu, ajak untuk melakukan panggilan telepon video, tidak mudah membagikan informasi pribadi kepada orang lain yang baru dikenal, berhati-hati menggunakan situs kencan online, sesuaikan aturan privasi media sosial, dan melaporkan jika terjadi penipuan,” jelasnya.

Kegiatan webinar yang merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten itu selalu membahas tiap tema dari sudut pandang empat pilar utama, yakni, digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia makin cakap digital.

Senada, penyiar sebuah radio di Kediri, Ari Utami mengatakan, pelaku catfishing lazimnya mengambil dan menggunakan foto orang lain, data atau informasi hasil pencurian. Hal ini dilakukan untuk membuat orang lain percaya.

Menurut Ari, tanda-tanda catfishing adalah membual kehidupan yang terlalu sempurna, memperlihatkan sisi romantis berlebihan agar korban percaya, rutin mengirim pesan atau kata-kata yang menyentuh hati korbannya, tidak mau melakukan panggilan video atau suara. Selain itu, pelaku juga hanya mau berkomunikasi lewat pesan teks untuk menyembunyikan identitasnya.

”Tanda lainnya, tidak sering menampilkan potret diri, dan sering meminta uang dengan berbagai alasan. Untuk yang terakhir, jangan pernah memberi uang,” tegas Ari Utami.

Sejak dilaksanakan pada 2017, gerakan literasi digital nasional telah menjangkau 12,6 juta warga masyarakat. Pada 2022, Kominfo menargetkan pemberian pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta warga masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Funky Kebaya Lenny Agustin Terinspirasi Sosok Gusti Nurul

Perancang busana Lenny Agustin menghadirkan koleksi busana kebaya funky dalam perhelatan Spotlight Indonesia 2022.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Pedagang Harap Pasren Asthana Kemang Makin Ramai Dikunjungi

Pedagang mengharapkan agar tempat hang out Pasren Asthana Kemang dapat semakin ramai dikunjungi lebih banyak masyarakat.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Awas, Risiko Terkena Tuberkulosis Lebih Besar bagi Perokok

Para perokok menghadapi risiko yang lebih besar untuk sakit serta mengalami kematian akibat tuberkulosis.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Moeldoko Pastikan Pernikahan Kaesang Sudah Siap Digelar

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sudah siap untuk digelar.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Violent Night, Kisah Sinterklas Terjebak Penyanderaan

Bisa ditebak, film Violent Night memang antitesis dari persepsi orang tentang “Holy Night”.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

IDI: Serangan Jantung Bukan karena Faktor Usia

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengingatkan penyakit serangan jantung, seperti yang diduga dialami Ferry Mursyidan Baldan, bukan disebabkan oleh faktor usia.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Ada Kirab Pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran: CFD Tetap Berjalan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan CFD di Kota Solo tetap berjalan meski ada arak-arakan atau kirab pernikahan Kaesang dan Erina. 

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Kaesang Pangarep Akan Jalani Tradisi Siraman dan Nyantri

Kaesang Pangarep akan menjalani tradisi siraman dan nyantri jelang pernikahannya dengan Erina Gudono, pada minggu depan.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (Asdoki) mengajak anak-anak Indonesia peduli akan kesehatan sejak dini.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Program musik "Ujung Ujungnya Dangdut" kembali tayang di BTV, hari ini, Sabtu (2/12/2022).

LIFESTYLE | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE