Logo BeritaSatu

Manfaat dan Keuntungan Tinggal di Rusun Terintegrasi

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:10 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Banyak orang yang masih enggan tinggal di rumah susun (rusun). Padahal banyak keuntungan dan manfaat tinggal di rumah susun.

Untuk kelangsungan hidup dalam jangka waktu yang panjang, makhluk hidup harus memikirkannya dengan melakukan banyak hal yang bisa memberi manfaat bagi lingkungan. Beberapa di antaranya seperti, mengurangi polusi udara, menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup sehat.

Demi tercapainya kelangsungan hidup manusia perkotaan yang lebih baik di Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi yang diperuntukkan khusus untuk ASN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berlokasi di Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Pembangunannya sendiri telah berjalan sejak tahun 2020 lalu. Rusun Pasar Jumat berdiri di atas lahan seluas 5.300 meter persegi dan terletak di Komplek Perumahan Kementerian PUPR yang tidak jauh dari stasiun moda transportasi berbasis rel Mass Rapid Transit (MRT) atau Moda Raya Terpadu di Lebak Bulus, Jakarta.

Kehadiran Rusun berbasis transit oriented development (TOD) yang lokasinya dekat dengan transportasi publik ini, diharapkan memberikan nilai efisiensi tinggi bagi masyarakat perkotaan, khususnya para ASN.

Bagi penghuninya, konsep tempat tinggal yang saling berintegrasi ini terbukti juga mampu memicu terciptanya gaya hidup sehat. Setidaknya itulah yang dialami oleh Revo, salah satu penghuni di Rusun Pasar Jumat yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kantornya yang berlokasi di Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, biasa dia tempuh menggunakan moda transportasi Mass Rapid Transport (MRT). Dari tempat tinggalnya, Revo hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit menuju halte MRT Lebak Bulus menuju halte MRT Blok M, yang ditempuh sekitar 10-12 menit.

Dari halte MRT Blok M, dia juga hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit ke kantornya. “Saya ke kantor naik MRT, dari kantor pulang juga naik MRT. Meski lalu lintas padat, tetapi saya sangat terbantu juga bisa berolahraga,” katanya.

Dengan ritme perjalanan ini, dirinya mengaku bisa menjalani gaya hidup sehat yakni berkantor sekaligus berolahraga. Dengan sering menggunakan transportasi umum tersebut, Revo mengaku kondisi tubuhnya menjadi lebih sehat karena sering berjalan kaki.

Manfaat lain, tinggal di lokasi ini membuatnya berkontribusi pada pengurangan polusi udara dan juga mengurangi kemacetan.
Tak hanya di luar komplek, Revo juga terbiasa berolahraga di dalam komplek Rusun. Dia rajin berolahraga dengan berlari mengitari rusun, pemanasan di sekitar area rusun, juga melakukan latihan ringan di kamarnya seperti mengangkat alat barbel.

Hal ini sangat dimungkinkan, karena unit-unit yang terdapat di area ini sangat memadai untuk melakukan aktivitas-aktivitas kecil, yang dapat dilakukan di dalam ruangan, termasuk pada masa pandemi.

Revo juga mengaku mendapat banyak manfaat dengan tinggal di komplek Rusun Pasar Jumat ini karena banyaknya fasilitas yang disediakan oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR selaku pengelola rumah susun.

Sebut saja areal pemukiman vertikal yang dekat dengan akses jalan tol, fasilitas pelengkap seperti areal pertokoan elektronik, juga pertokoan yang menyediakan perlengkapan rumah tangga seperti gas dan air galon, serta fasilitas laundry berbayar.

Untuk kepentingan interaksi penghuni rusun sendiri, terdapat ruang terbuka yang merupakan prasarana balai warga dan ruang berkumpul antar penghuni. Tujuannya sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi antarpenghuni, yang dapat digunakan saat akhir pekan atau malam hari di hari kerja, saat penghuni rusun rata-rata adalah kalangan pekerja ASN yang baru pulang jam 17.00 dari kantornya.

Diharapkan konsep hunian terintegrasi ini dapat lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ini menjadi solusi untuk menurunkan angka backlog kepemilikan dan hunian rumah serta meningkatkan kualitas hunian yang layak.

Konsep hunian terintegrasi ini juga diharapkan mampu berkontribusi pada penurunan angka polusi udara di Jakarta dan merupakan aksi nyata untuk perubahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perhiasan Emas Unik yang Wajib Dikoleksi!

Sebuah inspirasi hadiah akhir tahun, hasil kolaborasi antara Frank & co. dan HYBE, salah satu agency terbesar di Korea Selatan pemegang lisensi TinyTAN.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa

Fungsi perhiasan terus berubah dipengaruhi oleh konstruksi budaya di setiap zaman, dimulai dari fungsinya sebagai mata uang hingga sebagai ekspresi seni.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lolos ke Babak 16 Besar, Australia Ulangi Sukses Piala Dunia 2006

Lolos ke Babak 16 Besar, Australia Ulangi Sukses Piala Dunia 2006

SEMESTA BOLA 2022 | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE