Logo BeritaSatu

TigerGraph Gandeng ITB dalam Mempercepat Transformasi Kota Cerdas

Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:10 WIB
Oleh : PYA

Jakarta, Beritasatu.com – TigerGraph, sebagai penyedia platform analisis grafik di Amerika Serikat (AS), menjalin kemitraan strategis dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk berkontribusi dalam mempercepat pengembangan dan transformasi kota cerdas di Indonesia.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D dan Managing Director PT TigerGraph Software Indonesia, Herfini Haryono, pada 23 Juni 2022.

Advertisement

Dalam keterangan tertulis, kedua belah pihak akan melaksanakan proyek penelitian bersama dengan sistem pintar serta aktivitas pengaktifan industri Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) melalui sejumlah program Smart City and Community Innovation Center (SCCIC), seperti Integrated Smart System Platform (ISSP), Video Analytics with AI (VIANA) dan Smart City Living Lab (SCLL). TigerGraph dan ITB juga berkomitmen berpartisipasi dalam kegiatan berbagi pengetahuan, seperti lokakarya dan seminar yang saling menguntungkan.

Penerapan model AI dan Machine Learning (ML) pada TigerGraph berperan penting dalam mengotomatisasi dan memajukan program utama perencanaan kota dan kegiatan operasional. Upaya ini sejalan dengan rencana berkelanjutan Indonesia untuk mengatasi masalah urbanisasi dan menciptakan 100 kota cerdas pada 2045 di bawah Gerakan Menuju Kota Cerdas, yang pertama kali diperkenalkan pada 2017.

Herfina mengatakan, pihaknya melihat akademisi dan penelitian sebagai landasan untuk menciptakan inovasi dan perubahan berkelanjutan. Apalagi, graph analytics adalah bidang baru yang mendukung berbagai aplikasi AI dan ML.

“Dalam konteks perencanaan kota, kemampuan analitik grafis, AI dan ML memungkinkan pengenalan pola otomatis dan deteksi anomali pada faktor perkotaan utama seperti pertumbuhan populasi dan kelangkaan lahan, dan membantu mengoptimalkan alokasi aset dan sumber daya untuk mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan. Kami ingin memberdayakan para insinyur dan mahasiswa ITB untuk membuka potensi mereka dengan memanfaatkan teknologi dan menciptakan solusi lokal yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan perkotaan di kota-kota di Indonesia, termasuk di tingkat provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Wenten menyampaikan bahwa pemilihan ITB sebagai mitra pertama TigerGraph dari sektor akademik Indonesia merupakan tonggak utama dalam mendukung pekerjaan dilakukan di SCCIC.

“Bandung sebagai salah satu kota pertama yang memulai pembangunan kota cerdas dan pengalaman kami menunjukkan bahwa kolaborasi adalah kunci untuk mempercepat proses konsep kota cerdas dan implementasinya. Saya yakin bahwa upaya ini akan menghasilkan dampak baik yang dirancang untuk membantu transformasi kota-kota di Indonesia menjadi komunitas yang lebih cerdas, lebih aman, dan lebih sehat bagi masyarakat kita,” kata dia.

Melalui kemitraan, TigerGraph akan menawarkan pelatihan dan sertifikasi database grafik alami yang terdistribusi kepada para insinyur dan tim akademik ITB, serta bersama-sama mengembangkan praktik industri yang terbaik terkait kasus penggunaan di Indonesia dalam hal pembangunan kota cerdas dan pengembangan ekosistem.

Aliansi dengan TigerGraph juga bakal membekali mahasiswa dan para peneliti ITB dengan pengetahuan dan pelatihan terkini yang relevan dengan industri dalam teknologi grafik. Upaya ini akan membantu menumbuhkan kumpulan bakat dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengkatalisasi tujuan transformasi kota cerdas bagi bangsa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJ Una dan Ronny Sky Meriahkan Pembukaan Dragon Phoenix

DJ Una dan Ronny Sky hadir dalam grand opening restoran Dragon Phoenix Lounge & KTV di kawasan Bandengan Selatan, Jakarta Utara.

LIFESTYLE | 17 Agustus 2022

Lewat TikTok, Brand Lokal Kattoen Sukses Tingkatkan Omzet

Lewat platform TikTok, sebuah brand lokal asal Malang Jawa Timur, Kattoen, sukses meningkatkan omzet.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Supermusic Live 360 Virtual Concert Sajikan Kolaborasi Lintas Genre

Kembali digelar, Supermusic Live 360 Virtual Concert akan menghadirkan kolaborasi ciamik dari band The Adams, Juicy Luicy, dan Lomba Sihir.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Ingin Jadi Konten Kreator? Ini Tips Jitu Andrian Dermana

Menurut Andrian, sebelum menghibur orang dengan kreasi yang dihasilkan, konten kreator harus lebih dahulu memahami diri sendiri.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Didukung UDana dan Indodax, Ahmad Dhani Bangun Restoran

Ahmad Dhani Prasetyo bekerja sama dengan UDana dan Indodax membangun dan mengembangkan beberapa outlet Dewa 19 Restrography.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Keluar dari Zona Nyaman, Album Time Jadi Karya Terbaru D'Masiv

Grup band D'Masiv rilis album baru bertajuk Time. Album Time ini disebut menceritakan perjalanan mereka dalam bermusik.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Bersama Adik dan Sang Kekasih, Rizky Febian Sukses Gelar Konser Intim

Rizky Febian sukses menggelar konser bertajuk "Kata Cinta: An Intimate Concert" bersama adiknya, Putri Delina, dan kekasihnya, Mahalini.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Gelar Fit Health Festival, Hemaviton Ajak Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Hemaviton menggelar Fit Health Festival untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh pada era pandemi Covid-19.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Disponsori Ramen YA! D'Masiv Gelar Tur di 6 Kota Amerika

Disponsori oleh restoran khas Jepang, Ramen YA! D'Masiv akan menggelar tur konser di enam kota di Amerika Serikat.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022

Farmanina Ajak Publik Kenali Cara Atasi Rambut Rontok

Di seluruh dunia, sekitar 60% pria dan 50% wanita mengalami rambut rontok sehingga membutuhkan penanganan khusus, seperti PRP dan transplantasi rambut.

LIFESTYLE | 16 Agustus 2022


TAG POPULER

# Syarat Terbaru Naik KA


# Surya Darmadi


# Pengutil di Alfamart


# Utang Luar Negeri


# Thomas Tuchel


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Divonis Ringan, Bahar Smith Cium Bendera Merah Putih

Divonis Ringan, Bahar Smith Cium Bendera Merah Putih

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings