Logo BeritaSatu

Ini Risiko dan Bahaya Anabul yang Harus Diwaspadai

Senin, 23 Mei 2022 | 11:19 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kucing dan anjing adalah hewan peliharaan yang tingkahnya menggemaskan, dan membuat banyak orang ingin sekali memelihara dan merawatnya. Namun, tahukah bahwa memelihara kucing atau anjing bukan tidak ada risikonya bagi kesehatan, karena anabul ini bisa mempengaruhi kesehatan apabila kebersihannya tidak terjaga.

Mungkin saja terdapat bakteri yang menempel pada bulu anabul tersebut akibat bermain di lingkungan yang kotor. Beberapa kelompok orang, seperti ibu hamil dan orang yang mengidap penyakit autoimun juga memiliki risiko lebih tinggi terkena dampaknya.

Berikut beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh bulu anabul:

Reaksi Alergi

Apabila Anda alergi terhadap kucing dan anjing, sentuhan atau berdekatan dengan kedua binatang ini dapat memicu reaksi alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, batuk, mata gatal dan berair, hidung meler atau mampet, kelopak mata bengkak dan tampak kebiruan, serta rasa gatal pada hidung, langit-langit mulut atau tenggorokan.

Pada penderita asma, ada bahaya tersendiri yang muncul dari memelihara kucing. Anda mungkin akan mengalami gejala asma yang semakin parah seperti sesak nafas, dada terasa sesak dan nyeri, gangguan tidur akibat sesak nafas dan lainnya.

Penyakit Cakar Kucing

Banyak sekali yang terkena cakaran kucing lalu mendiamkannya hingga kering dan hilang dengan sendirinya. Namun, tahukah bahwa cakaran kucing juga bisa menimbulkan penyakit, salah satunya cat scratch disease. Penyakit ini adalah penyakit yang muncul dari cakaran kucing yang telah terinfeksi bakteri bartonella henselae.

Bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang sering menyerang anabul, bakteri ini paling banyak terdapat di mulut dan cakar kucing. Bakteri dapat menyebar ke kelenjar getah bening yang letaknya paling dekat dari cakaran kucing.

Jamur Kulit

Penyakit jamur kulit bisa menular dari hewan ke manusia begitu pun sebaliknya. Kitab tertular penyakit jamur kulit (ringworm) apabila sering tidur bersama hewan peliharaan, selain itu barang-barang yang sering disentuh oleh hewan peliharaan juga bisa menyebabkan infeksi jamur ini.

Hewan peliharaanmu bisa juga saling menularkan penyakit ini melalui sentuhan. Jika terinfeksi, maka kita hewan peliharaan akan mengalami gatal pada hari keempat hingga dua minggu setelah terpapar. Jamur ini lebih suka tumbuh di area yang lembap dan bagian tubuh yang sering berkeringat. Wilayah yang beriklim tropis dan hangat seperti Indonesia juga dapat menjadi tempat yang memudahkan jamur tumbuh.

Toksoplasma

Toxoplasmosis merupakan suatu penyakit zoonosis (dapat menular dari hewan ke manusia) yang disebabkan oleh parasit protozoa. Biasanya sebagai hospes pembawa penyakit antara lain dari kotoran kucing, kotoran anjing, kotoran karnivora lainnya, mengonsumsi sayuran yang tidak bersih dan mengonsumsi daging yang belum matang. Sedangkan kucing merupakan hospes utama penyakit toxoplasmosis.

Gejala yang muncul seperti gejala syaraf, kejang dan stres kelesuan dan kelemahan otot, kelumpuhan anggota gerak, demam dan diare, timbul gejala kekuningan pada mata, gusi dan kulit, gangguan pernafasan dan lain sebagainya.

Biasanya pengobatan diberikan cairun infus secara intra vena untuk mengatasi dehidrasi dan pemberian antibiotik untuk mengontrol infeksi sekunder biasanya golongan sulfadiazin dan pyrimethamin.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi Ekosistem Kesehatan, Kunci Sukses Wisata Medis

Setidaknya, terdapat tiga keuntungan yang bisa didapatkan melalui pengembangan wisata medis atau medical tourism di tanah air.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

TWI Tampilkan Wayang Orang Legendaris Ngesti Pandowo

Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan lakon "Kresna Duta" ini disutradarai Wiradyo dan Sunarno dengan penulis naskah Wiradyo dan Paminto.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Instagram Uji Alat Kecerdasan Buatan untuk Verifikasi Usia Pengguna

Platform berbagi foto Instagram mulai menguji coba alat yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengonfirmasi usia pengguna di Amerika Serikat.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Velocity Criterium Jadi Ajang Membudayakan Bersepeda sebagai Gaya Hidup

Event Velocity Criterium di Central Park Meikarta merupakan ajang yang bertujuan membudayakan olahraga sepeda kepada masyarakat.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Aktor Bryan Domani Sangat Antirokok, Apalagi Narkoba

Gemerlap kehidupan dunia keartisan tak membuat aktor Bryan Domani tergoda menggunakan barang haram narkoba.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Ivan Gunawan Trauma Dekat dengan Pengguna Narkoba, Ini Penyebabnya

Artis Ivan Gunawan salah satu yang trauma dengan para pengguna narkoba karena  sempat ikut terseret-seret dan menjadi korban dalam kasus narkoba.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Desain Kitchen Sink Cantik Ini Buat Betah Memasak di Dapur

Desain kitchen sink yang menawan dan indah bisa membuat Anda berlama-lama untuk memasak di dapur.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Sukseskan HUT Yogyakarta, Jogja Fair 2022 Bakal Digelar

Guna menyukseskan ulang tahun ke-266 kota Yogyakarta, gelaran Jogja Fair 2022 akan kembali digelar.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Dukung Musisi di Youtube, Nagaswara Luncurkan Nagadigit

Nagaswara meluncurkan Nagadigit untuk mendukung para musisi mengenalkan karyanya melalui YouTube.

LIFESTYLE | 25 Juni 2022

TigerGraph Gandeng ITB dalam Mempercepat Transformasi Kota Cerdas

Kedua belah pihak akan melaksanakan proyek penelitian bersama dengan sistem pintar serta aktivitas pengaktifan industri AI.

LIFESTYLE | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 46 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings