Logo BeritaSatu

Harkitnas, Konser "Era Wanita dalam Simfoni" Digelar

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:36 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas konser "Era Wanita Dalam Simfoni" digelar, Jumat (20/5/2022). Seperti diketahui Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati sebagai lahirnya Budi Oetomo atau organisasi perlawanan pertama melawan kolonialisme. Namun Harkitnas tak sekadar berada dalam satu kungkungan tersebut dan menyatakan perempuan berhak bicara dalam simfoni.

Harkitnas bisa dimaknai dengan lebih jauh lagi. Termasuk dalam kesetaraan gender antara pria dan wanita. Sejak era kolonial, perlawanan terhadap ketidaksamaan hak antara wanita dan pria sudah diperjuangkan di Indonesia. Raden Ajeng Kartini melalui tulisannya yang mengunggah semangat menjadi bukti bahwa perempuan juga berhak bicara.

Tekad yang sama juga ingin dibawa Aditya Setiadi selaku Show Director Semangat, Gelora, dan Inspirasi yang dihelat di The Energy Building, SCBD, Jakarta, pada 20 Mei 2022. Dalam acara ini, Adit mengusung tema "Era Wanita Dalam Simfoni".

Kata itu tak sembarang diambil Adit. Ada hal yang ingin disampaikan termasuk pemahaman bahwa wanita juga punya peran besar dalam membebaskan Indonesia dari penjajahan.

“Ide awal adalah konser memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Namun ada sesuatu yang berbeda dalam konser ini. Kami berusaha untuk memasukkan perspektif perempuan di sini, bahwa perempuan memiliki kesetaraan yang sama dengan laki-laki dalam upaya membebaskan Indonesia dari penjajahan tidak hanya penjajahan negeri asing, namun juga penjajahan dalam bentuk dominasi patriarki yang sedemikian kuat dalam masyarakat,” ujar Adit di Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

“Indonesia perlu bangga bahwa pergolakan perjuangan kaum perempuan juga sangat tinggi dalam meraih Kemerdekaan. Tentu kita tahu RA Kartini dengan berbagai pemikirannya yg mendahului masanya, diikuti oleh munculnya berbagai organisasi perempuan seperti Putri Mardika (1912), Wanita Utomo (1921), dan Kongres Perempuan Indonesia (1928).

Di samping itu, hingga tahun 1940-an ternyata banyak sekali lembaga menjamin kemerdekaan dan keamanan kaum perempuan, seperti Perkumpulan Pembasmian Perdagangan Perempuan dan Anak, Badan Perlindungan Perempuan Indonesia dalam Perkawinan, dan lainnya,” imbuhnya.

Era Wanita Dalam Simfoni adalah sebuah pagelaran dan juga sikap bahwa perempuan berhak bicara yang didukung Medco Energi sebagai sponsor. Dalam acara ini para perempuan hebat seperti Maudy Koesnadi akan ambil bagian dan menunjukkan bagaimana perempuan harus dipadang setara dengan lelaki.

“Semangat ini yang coba kami angkat dalam konser Gelora, Semangat, Inspirasi yang akan datang, antara lain dengan memberikan penghargaan pada lima institusi yang berhasil dipimpin oleh perempuan dan memiliki signifikansi utama dalam masyarakat,” ujar Adit.

Dalam Era Wanita Dalam Simfoni akan ditampilkan beberapa lagu yang sesuai dengan tema dari narasi yang akan diangkat. Adapun sebagai pembuka acara, Indonesia Raya dinyanyikan bersama para penonton dan paritisipan konser.

Telinga penonton Era Wanita Dalam Simfoni dimanjakan suara sopran khas dari Yasashi Evelyn Pangaribuan. Beberapa lagu kenamaan seperti Chrisye-Sendiri, Bimbo-Adinda, Kla Project-Negeri Di Atas Awan, dibawaka pada konser ini.

Bisa berpartisipasi dalam acara yang mengangkat tema perempuan membuat Yasashi mau berkontribusi. Bagi Yasashi, perempuan Indonesia harus terus mengobarkan semangat kesetaraan sampai kapanpun.

“Menurut saya, sosok wanita di Indonesia sangatlah berperan dalam mengusung semangat dan kemandirian dari generasi ke generasi. Tidak pernah putus dalam berjuang untuk mensejahterakan keluarga, dan berusaha meningkatkan taraf hidup untuk menjadi sosok yang bermanfaat,” pungkas Yasashi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi Ekosistem Kesehatan, Kunci Sukses Wisata Medis

Setidaknya, terdapat tiga keuntungan yang bisa didapatkan melalui pengembangan wisata medis atau medical tourism di tanah air.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

TWI Tampilkan Wayang Orang Legendaris Ngesti Pandowo

Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan lakon "Kresna Duta" ini disutradarai Wiradyo dan Sunarno dengan penulis naskah Wiradyo dan Paminto.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Instagram Uji Alat Kecerdasan Buatan untuk Verifikasi Usia Pengguna

Platform berbagi foto Instagram mulai menguji coba alat yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengonfirmasi usia pengguna di Amerika Serikat.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Velocity Criterium Jadi Ajang Membudayakan Bersepeda sebagai Gaya Hidup

Event Velocity Criterium di Central Park Meikarta merupakan ajang yang bertujuan membudayakan olahraga sepeda kepada masyarakat.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Aktor Bryan Domani Sangat Antirokok, Apalagi Narkoba

Gemerlap kehidupan dunia keartisan tak membuat aktor Bryan Domani tergoda menggunakan barang haram narkoba.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Ivan Gunawan Trauma Dekat dengan Pengguna Narkoba, Ini Penyebabnya

Artis Ivan Gunawan salah satu yang trauma dengan para pengguna narkoba karena  sempat ikut terseret-seret dan menjadi korban dalam kasus narkoba.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Desain Kitchen Sink Cantik Ini Buat Betah Memasak di Dapur

Desain kitchen sink yang menawan dan indah bisa membuat Anda berlama-lama untuk memasak di dapur.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Sukseskan HUT Yogyakarta, Jogja Fair 2022 Bakal Digelar

Guna menyukseskan ulang tahun ke-266 kota Yogyakarta, gelaran Jogja Fair 2022 akan kembali digelar.

LIFESTYLE | 26 Juni 2022

Dukung Musisi di Youtube, Nagaswara Luncurkan Nagadigit

Nagaswara meluncurkan Nagadigit untuk mendukung para musisi mengenalkan karyanya melalui YouTube.

LIFESTYLE | 25 Juni 2022

TigerGraph Gandeng ITB dalam Mempercepat Transformasi Kota Cerdas

Kedua belah pihak akan melaksanakan proyek penelitian bersama dengan sistem pintar serta aktivitas pengaktifan industri AI.

LIFESTYLE | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings