Logo BeritaSatu

Sekitar 11 Juta Pengikut Joe Biden di Twitter Adalah Mesin Bot

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:56 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Separuh dari 22,3 juta pengikut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Twitter adalah mesin bot. Seperti dilaporkan RT, Rabu (18/5/2022), penelitian yang sama juga menemukan hampir 20% dari semua akun di platform itu adalah palsu.

Temuan ini dilaporkan oleh Newsweek pada Selasa (17/5), mengutip analisis oleh SparkToro. Langkah yang sama digunakan oleh Elon Musk untuk menghentikan akuisisi raksasa media sosial itu.

SparkToro, yang mengoperasikan alat untuk mengidentifikasi akun Twitter "palsu" dari pengikut asli, melihat akun resmi @POTUS dan menemukan bahwa 49,3% tidak autentik.

“Proses penyaringan mengambil beberapa faktor, dari data aktivitas hingga gambar profil, untuk membuat penilaian apakah ada orang yang nyata di balik setiap akun. Pangsa bot yang mengikuti Biden lebih tinggi daripada sebagian besar akun,” kata perusahaan itu.

Pekan lalu, miliarder Elon Musk menghentikan akuisisi platform senilai US$ 44 miliar (Rp 647 triliun), mengklaim bahwa perusahaan itu salah ketika menyatakan bahwa kurang dari 5% akun Twitter adalah "spam/palsu".

Musk mengklaim persentase sebenarnya mendekati 20 dan mengatakan harga pembelian yang dia tawarkan kepada pemegang saham didasarkan pada perkiraan perusahaan dan penyesuaian sedang dilakukan.

Musk dan CEO Twitter Parag Agrawal bertukar serangkaian tweet tentang masalah ini, dengan eksekutif menggembar-gemborkan efisiensi Twitter dalam menghapus akun tidak autentik dari platform. Twitter menangguhkan 500.000 akun palsu sehari "biasanya bahkan sebelum Anda melihatnya" dan mengunci jutaan setiap minggu karena dicurigai mengirim spam, kata Agrawal.

SparkToro mengatakan penilaian Musk akurat, berdasarkan temuan mereka dari sampel sekitar 44.000 akun Twitter publik yang aktif. Mereka mengklasifikasikan hampir seperlima sebagai palsu.

Metrik dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada apakah pengguna yang tidak aktif dikecualikan dari sampel. SparkToro juga mengalihkan perhatiannya ke pengikut Musk dan menyimpulkan bahwa 23,42% akun aktif dan 70,23% dari semua akun yang berlangganan postingannya adalah bot. Newsweek tidak mengklarifikasi apakah sampel pengikut Biden yang dianalisis oleh perusahaan disaring untuk aktivitas.

Analisis SparkToro 2018 terhadap akun pribadi Presiden Donald Trump saat itu, @realDonaldTrump, menemukan bahwa dari 54 juta pengikut yang dia miliki saat itu, 61% terlihat palsu. Sejak saat itu, Trump telah di-de-platform oleh Twitter.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Main Santai dengan Beragam Mode di Higgs Domino Island

Pencinta game petualangan dan kartu kini makin dimanjakan dengan kian banyaknya mode yang bisa dimainkan di Higgs Domino Island.

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Dulux Experience Store Debut di Indonesia

Di Dulux Experience Store, para pelanggan dapat dengan yakin menentukan cat dan pelapis terbaik paling tepat untuk kebutuhannya.

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Laleilmanino dan JKT48 Gaungkan Bersama "Berani Bersuara"

Grup musik JKT48 dan Laleilmanino mengadakan Instagram Live bersama guna menggaungkan lagu "Berani Bersuara" (hati-hati).

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Beautyland Hadirkan Perawatan Wajah Tirus Tanpa Benang

Beautyland Skin Clinic menghadirkan perawatan wajah tirus kencang tanpa benang menggunakan mesin canggih berbasis ultrasound.

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Hebohnya Baim Wong dan Paula Saat Antar Kiano Disunat

Putra pertama pasangan selebriti Baim Wong dan Paula Verhoeven, Kiano Tiger Wong, baru saja menjalani prosesi sunat.

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Marshanda Dikabarkan Hilang, Ini Reaksi Mantan Suami

Ben Kasyafani mengaku sempat kaget saat mendapat kabar Marshanda hilang di Los Angeles, Amerika Serikat.

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Ronaldinho Hibur Pengunjung di RANS Prestige Sportstainment

Kehadiran legenda sepak bola dunia Ronaldinho menghibur para pengunjung RANS Prestige Sportstainment, Senin (28/6/2022).

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Dokter Gigi Ini Beri Edukasi Kesehatan Lewat Medsos

Dokter Gigi Tri Putra menyebutkan mencabut gigi bagian atas bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos.

LIFESTYLE | 28 Juni 2022

Kisah Inspiratif Peraih Ajinomoto Scholarship di Jepang

Peraih Ajinomoto Scholarship 2019, Akrim Said, sukses mengembangkan edukasi gizi berbasis elektronik atau e-book tentang cara mudah mempraktikkan hidup sehat.

LIFESTYLE | 27 Juni 2022

Didukung Teknologi Terbaru, Amazfit Rilis BIP 3 Pro untuk Pecinta Olahraga

Amazfit Bip 3 pro sudah dibekali dengan 5 Satelite positioning system yang memungkinkan keakuratan GPS, dan dibekali juga dengan lebih dari 60 mode olahraga.

LIFESTYLE | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemekaran Papua, DPR: Tahap Pertama Disepakati 3 Provinsi

Pemekaran Papua, DPR: Tahap Pertama Disepakati 3 Provinsi

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings