Logo BeritaSatu

Lola Amaria Ajak Santri Tonton Film Pesantren

Senin, 18 April 2022 | 22:01 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Tasikmalaya, Beritasatu.com - Lola Amaria mengajak santri untuk menonton film Pesantren yang disutradarai dan diproduseri Shalahuddin Siregar. Lola akhirnya mampu mewujudkan niatnya menggelar roadshow pemutaran perdana film Pesantren di 10 pondok pesantren (ponpes) di Pulau Jawa selama Ramadan.

Film bertema religi yang mengisahkan tentang kehidupan anak pesantren itu rencananya akan diputar serentak di bioskop pada 16 Mei 2022. Lola yang berkesempatan hadir dalam pemutaran perdana di Ponpes Al Furqon, Tasikmalaya, mengaku senang melihat antusiasme para santri dan santriwati. Terlebih, para santri yang menonton merasa terwakili kehidupannya saat menyaksikan film tersebut.

“Yang pasti senang sekali melihat ekspresi para santri yang menyaksikan pemutaran film Pesantren yang kita gelar ini. Kepada saya mereka menyatakan bahwa film ini banyak mewakili mereka yang kini tinggal di pesantren. Lantaran film ini memang banyak mengulas kisah kehidupan mereka di dalam lingkungan pesantren. Sambutan mereka amat positif itu yang membuat saya senang dan bangga bisa bekerjasama dalam film Pesantren ini,” kata Lola, Senin (18/4/2022).

Lola Amaria menuturkan kehidupan pesantren memang banyak menghadirkan kisah-kisah dramatik yang mungkin banyak tak diketahui oleh masyarakat. Lola berharap berharap stigma negatif tentang kehidupan pesantren bisa terkikis melalui film tersebut.

“Sebenarnya, saya dan juga rumah produksi Lola Amaria Production (LAP) awalnya tak mengetahui mas Udin (Shalahuddin Siregar) ini buat film tentang bagaimana kehidupan pesantren. Namun, saat kita berbicara, dan mas Udin memperlihatkan kepada saya tentang bagaimana film ini digarap, saya lalu tertarik. Terlebih, ceritanya dibuat riil bagaimana anak-anak yang tinggal di lingkungan pesantren hidup dan menjalani kehidupan mereka,” ujar Lola.

“Dari situ saya tergerak untuk sama-sama berjuang untuk bisa film ini ditonton banyak orang, karena saya juga ingin menyampaikan pesan bahwa pesantren itu sama dengan pola pendidikan sekolah biasa. Jangan lagi mencap pesantren sebagai lembaga pendidikan yang bermasalah dan berstigma negatif dan saya rasa ini yang harus diketahui masyarakat luas dalam film ini,” imbuh Lola Amaria.

Shalahuddin Siregar mengaku melakukan riset panjang untuk bisa memproduksi film Pesantren. Tidak ada tokoh sentral dan artis ternama yang dilibatkan dalam penggarapan filmnya. Lantaran, ia berharap film itu benar-benar diperankan oleh para santri di pesantren.

“Saya memilih mengambil diskusi-diskusi yang ada di dalam pesantren. Banyak hal yang didiskusikan di dalam pesantren tergambar di film ini. Dari riset yang saya lakukan, banyak momen yang bisa saya ambil, terutama para santri putra. Untuk santri putri kita harus ada yang menemani,” tuturnya.

Pimpinan Ponpes Al Furqon, Uum Syarif Usman mengapresiasi hadirnya film Pesantren yang benar-benar menggambarkan kehidupan pesantren seutuhnya. Dari film ini, katanya, orang di luar dapat mengetahui cara pesantren mendidik manusia-manusia yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai agama.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mbah Mijan Puji Turnamen Layangan Joksyn di 3 Kota

Paranormal ternama Mbah Mijan memuji penyelenggaraan Turnamen Layangan Aduan yang digelar Joksyn di tiga kota.

LIFESTYLE | 6 Juli 2022

Tas Kulit Lokal Ini Tawarkan Berbagai Mode yang Sedang Tren

Tas kulit lokal ternyata juga mampu menawarkan berbagai tren mode yang tengah naik daun pada saat ini.

LIFESTYLE | 6 Juli 2022

Siswa SMK Ciptakan Alat Perangkap Serangga Ramah Lingkungan

Siswa SMK ini berhasil menciptakan alat penangkap serangga yang efisien sekaligus ramah terhadap lingkungan.

LIFESTYLE | 6 Juli 2022

Perluas Pasar, Key Propolis Gandeng Evermoss dan Gemawira

Kerja sama ini Key Propolis dengan Evermoss dan Gemawira ini juga sekaligus untuk lebih menekankan lagi pentingnya menjaga dan meningkatan daya tahan tubuh.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Yuk, Mengenal Konsep Taman Kering dengan Beton Berpori

Taman rumahan sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah konsep taman kering dengan beton berpori.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Catat Ya! Ini Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Clinton menegaskan, kunci utama menurunkan berat badan secara alami adalah mengatur pola makan, dan dibarengi peningkatan aktivitas fisik atau olahraga.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Santai Main Catur Bisa Dapat Hadiah di Game Higgs Domino Island

Untuk bisa memainkan permainan Catur di dalam game Higgs Domino Island, kalian cukup membuka fitur "Santai" yang ada di halaman awal.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

4 Cara Mengatasi Diare yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi diare yang bisa Anda coba di rumah, namun, jika diare tak kunjung sembuh, maka Anda harus segera mengunjungi dokter.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Dukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif, Jazz Gunung Bromo Siap Digelar di Sejumlah Daerah

Tahun ini penyelenggaraan Jazz Gunung Bromo akan memasuki tahun ke-14 dan tahun depan akan mulai digelar di berbagai wilayah gunung lainnya.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Penggunaan MSG Secara Wajar Tidak Membahayakan Tubuh

MSG dapat menjaga kadar sodium atau garam rendah dan tidak membahayakan tubuh dan konsumsi MSG dalam batas wajar tidak ada efek jangka panjang..

LIFESTYLE | 5 Juli 2022


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2022, Muhammad Jadi Nama Bayi Laki-laki Favorit di Inggris

2022, Muhammad Jadi Nama Bayi Laki-laki Favorit di Inggris

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings