Logo BeritaSatu

Ilmuwan Temukan 5.500 Virus Baru di Lautan

Minggu, 10 April 2022 | 08:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Ohio, Beritasatu.com- Para ilmuwan Ohio State University telah menemukan lebih dari 5.500 virus baru yang tersembunyi di lautan. Seperti dilaporkan RT, Jumat (8/4/2022), penemuan baru itu diterbitkan oleh tim peneliti internasional di jurnal Science.

Tim menyatakan telah mencapai kemajuan penelitian dengan menggunakan analisis pembelajaran mesin bersama dengan pohon evolusi tradisional untuk menilai sekitar 35.000 sampel air dari seluruh dunia.

“Saat virus DNA diketahui berlimpah, beragam, dan umumnya merupakan pemain ekosistem utama, virus RNA kurang dipelajari di luar pengaturan penyakit,” bunyi abstrak laporan tersebut.

Kelompok peneliti ini secara khusus mencari virus baru yang mengandung materi genetik RNA. Peneliti menyatakan bahwa komunitas ilmiah hanya memahami sedikit tentang jenis virus ini ketika datang ke dunia yang lebih luas.

“Menggunakan pendekatan baru untuk mengoptimalkan penemuan dan klasifikasi, kami mengidentifikasi virus RNA yang memerlukan revisi substantif taksonomi (menggandakan filum dan menambahkan lebih dari 50% kelas baru) dan pemahaman evolusi,” tambah laporan.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa koleksi paling melimpah dari spesies baru yang diidentifikasi termasuk dalam klasifikasi yang sama sekali baru, atau filum, yang oleh para ilmuwan telah diusulkan untuk dijuluki “Taraviricota,” sebagai anggukan pada sumber 35.000 sampel air, The Tara Oceans Consortium.

“Ada begitu banyak keragaman baru di sini – dan seluruh filum, Taraviricota, ditemukan di seluruh lautan, yang menunjukkan bahwa mereka penting secara ekologis,” kata peneliti utama studi tersebut, Matthew Sullivan, dari Ohio State University.

Para ilmuwan mengatakan bahwa filum “Taraviricota” yang baru ditemukan, yang mungkin merupakan mata rantai yang hilang dalam evolusi virus RNA awal sejak miliaran tahun lalu, dan filum baru lainnya, “Arctiviricot,” sangat tersebar luas dan dominan di lautan.

Menurut ilmuwan, penelitian spesies baru ini akan “memberikan pengetahuan dasar yang penting untuk mengintegrasikan virus RNA ke dalam model ekologi dan epidemiologi.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Film Dokumenter Sengal Kisahkan Korban Terdampak Polusi Udara

Film Sengal diproduksi dalam rangka memberikan edukasi akan bahaya polusi udara yang masih banyak belum disadari secara baik oleh masyarakat.

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

Promotor Pastikan Konser Blackpink Tetap Digelar di GBK

Konser Blackpink bertajuk "Blackpink World Tour (Born Pink) Jakarta" tetap digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 11 dan 12 Maret 2023.

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

ESQACosmetics Luncurkan Kosmetik Bertema Barbie

Mengangkat tema Strong Girls Make Waves, ini adalah kolaborasi kosmetik pertama di Indonesia yang mengangkat boneka ikonik Barbie di kemasannya. 

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membuat heboh dengan membagi-bagi hadiah di Cipung Day.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Manggung Malam Tahun Baru, Titi DJ Mengaku Dibayar Fantastis

Diva pop Indonesia, Titi Dwi Jayanti atau yang akrab disapa Titi DJ mengaku senang bisa kembali tampil pada perayaan malam tahun baru menuju 2023

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Horizon Line, Perkara Hidup Mati di Angkasa

Setelah pilot meninggal mendadak, yang tersisa hanya ketegangan menuju maut. Perkara hidup mati penumpang pesawat itu menjadi cerita inti film Horizon Line.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Kaesang Pangarep mengungkap pesan kedua orang tuanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Pernikahan Kaesang akan digelar akhir pekan ini.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Benteng Vastenburg Dijadikan Kantong Parkir

Halaman Benteng Vastenburg akan menjadi salah satu kantong parkir kendaraan saat resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Sedang Dipingit, Kaesang Curhat Tak Sabar Nikahi Erina Gudono

Dipingit, Kaesang Pangarep mengaku sudah tidak sabar menanti hari paling berbahagia dalam hidupnya, yakni menikah dengan kekasihnya, Erina Gudono.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Gibran Minta Tamu Undangan Pernikahan Kaesang Tidak Berikan Amplop

Gibran Rakabuming, menegaskan bahwa tamu undangan yang hadir di pernikahan Kaesang-Erina tidak perlu memberikan amplop.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Masih Tertekan, Ini 7 Saham Rekomendasi Yugen Sekuritas

IHSG Masih Tertekan, Ini 7 Saham Rekomendasi Yugen Sekuritas

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE