Logo BeritaSatu

Solusi Lalu Lintas Cerdas Qlue Jadi Model Smart City Terbaik Dunia

Senin, 4 April 2022 | 15:14 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city meraih penghargaan internasional di sektor teknologi kota pintar (smart city). Penghargaan ini didapat pada ajang GO SMART Awards 2022 berkat implementasi konsep “Intelligent Mobility System For Township Management”. Qlue menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang meraih penghargaan smart city internasional.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, keberhasilan Qlue meraih penghargaan di tingkat internasional menjadi bukti bahwa solusi yang dikembangkan Qlue memiliki nilai dan manfaat positif sesuai standar internasional. Teknologi yang digunakan dalam konsep “Intelligent Mobility System for Township Management” bisa menjadi standar baru bagi model pengelolaan lalu lintas yang modern.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat seluruh karyawan Qlue untuk terus berinovasi menghadirkan solusi inklusif bagi masyarakat. Inovasi dan kreativitas ini tentu saja menjadi kunci bagi Qlue untuk mewujudkan visi mempercepat perubahan positif di Indonesia, dan seluruh dunia,” kata Rama dalam keterangan tertulis, Senin (4/4/2022).

Ajang GO SMART Award 2022 ini diselenggarakan di Taipei, Taiwan, bertepatan dengan pelaksanaan Smart City Summit & Expo 2022 pada Maret 2022 ini yang merupakan kegiatan rutin tahunan. Acara ini digagas Global Organization of Smart Cities (GO SMART), organisasi global beranggotakan 94 pemerintah kota dan 110 pelaku industri smart city di seluruh dunia yang pembentukannya diinisiasi oleh Pemerintah Kota Taipei.

Solusi Qlue untuk penerapan model manajemen lalu lintas kawasan hunian yang diterapkan di Alam Sutera, Tangerang, mendapat perhatian dari juri di antara 14 finalis berbagai negara. Hal itu itu tidak lepas dari keberhasilan Qlue mengurangi tingkat kemacetan di Alam Sutera hingga 35% berkat solusi Dynamic Traffic Controller dan Illegal Parking Detection.

Pemanfaatan solusi Dynamic Traffic Controller pada lampu lampu merah berhasil mengurangi rata-rata waktu tunggu pengendara hingga 47% dibanding sebelum implementasi teknologi. Sedangkan teknologi Illegal Parking Detection yang dilengkapi fitur peringatan melalui pengeras suara sukses mengurangi tingkat parkir liar 42%. Nilai tambah implementasi ini adalah dampak pengurangan emisi gas buang sehingga menciptakan tempat tinggal lebih sehat.

Implementasi solusi Qlue terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2021, penambahan klien baru hingga 30% dibanding tahun sebelumnya. Implementasi solusi Qlue juga tercatat sudah tersebar di 85 kota, atau naik 200% dibanding tahun 2020 yang tersebar di 28 daerah. Solusi Qlue juga sukses masuk ke pasar global dengan implementasi aplikasi pelaporan bagi warga Minamichita, Jepang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Takjub dengan Gugusan Pulau Tawale, Sandiaga Uno: Gate of Heaven

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno takjub dengan gugusan Pulau Tawale, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

LIFESTYLE | 27 November 2022

The Ataris dan FKJ Batal Tampil di Soundrenaline 2022, Kenapa?

Dua grup musik asal Amerika Serikat, The Ataris dan French Kiwi Juice (FKJ) batal tampil di Soundrenaline 2022 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara. 

LIFESTYLE | 27 November 2022

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Solo Dipadati Ribuan Baladewa

Ribuan Baladewa hadir menikmati Konser 30 Tahun Dewa 19 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Sabtu malam (26/11/2022).

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini 28 Pemain yang Dipanggil ke Pemusatan Latihan Piala AFF

Ini 28 Pemain yang Dipanggil ke Pemusatan Latihan Piala AFF

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE