Yayasan Ciputra Golfpreneur Dukung Pegolf Nasional ke Olimpiade

Yayasan Ciputra Golfpreneur Dukung Pegolf Nasional ke Olimpiade
Ilustrasi Golf (Foto: Istimewa)
Hendro D Situmorang / YUD Selasa, 3 Maret 2020 | 18:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Demi menghadirkan juara-juara masa depan Indonesia, Ciputra Golfpreneur Foundation atau Yayasan Ciputra Golfpreneur Indonesia mendukung atlet-atlet golf potensial Indonesia agar bisa berprestasi di tingkat internasional bahkan menembus ajang olimpiade.

Yayasan nirlaba yang diprakarsai dan didirikan oleh Bapak Golf Modern Indonesia, DR (HC) Ir. Ciputra akan membantu pegolf pilihan Indonesia dengan memberikan fasilitas pendidikan, dukungan finansial, fasilitas latihan, dan semangat entrepreneur agar bisa menjadi juara kelas dunia. Mereka juga dibantu agar sukses dalam kehidupan sehari-hari.

Pendiri Ciputra Golfpreneur Foundation, Budiarsa Sastrawinata mengatakan dukungan dari yayasan akan diberikan dengan menerapkan target, yang dianggap langkah penting untuk memacu prestasi para atlet mencetak prestasi.

"Kita harapkan adik-adik kita dapat melakukan kegiatan yang lebih, tanpa memikirkan dana, karena didukung dan saya harapkan ini sebagai satu contoh bagi dunia olahraga yang lain, bahwa ada kesukarelaan dari swasta untuk melakukan pembinaan bagi golf," kata Budiarsa yang juga Presiden Direktur Damai Indah Golf, di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Menpora Sebut Banyaknya Turnamen Picu Kemajuan Golf Tanah Air

"Level dukungan yang diberikan nantinya juga akan didasarkan pada performa masing-masing atlet dari tiap turnamen yang mereka ikuti. Dengan demikian, mereka akan dipacu untuk lebih bersungguh-sungguh dalam berlatih dan mempersiapkan diri," tambah dia.

Ia mengatakan bahwa setelah melalui proses seleksi dan wawancara intens, Ciputra Golfpreneur Foundation akan mendukung lima atlet golf profesional, yaitu George Gandranata, Elki Kow, Jordan Surya Irawan, Joshua Andrew Wirawan, dan Kevin Caesario Akbar. Selain itu, yayasan juga akan mendukung lima atlet junior, yaitu Kentaro Nanayama, Alfred Raja Sitohang, Jonathan Xavier Hartono, Jose Emanuel Suryadinata, dan Holly Victoria Halim.

Baca juga: Minat Golfer Muda Ikut Turnamen Meningkat

Selain dukungan finansial, para atlet ini akan mendapat hak eksklusif untuk menggunakan fasilitas latihan di Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai (BSD) Course dan Pantai Indah Kapuk (PIK) Course, serta di Ciputra Golf Surabaya.

Salah satu program yayasan saat ini ialah mempersiapkan para atlet untuk bisa menembus Olimpiade Tokyo 2020. Dengan tenggat akhir pada 22 Juni 2020, Indonesia masih berpeluang menempatkan perwakilannya pada pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Itulah sebabnya, yayasan berinisiatif mendorong atlet-atletnya agar mengikuti kompetisi yang dapat meningkatkan ranking dunia mereka lewat turnamen-turnamen yang mendapatkan poin pada Official World Golf Ranking (OWGR), seperti Asian Development Tour atau Asian Tour. Itulah sebabnya, dukungan yayasan pada para atlet pilihan ini bahkan sudah dilakukan sejak November 2019 lalu.

Sementara itu, Ciputra Golfpreneur Junior World Preparation menjadi program untuk menyiapkan para atlet junior agar berprestasi pada ajang Ciputra Golfpreneur Junior World Championship.

"Ciputra Golfpreneur Foundation ini sekaligus melengkapi dua turnamen yang sebelumnya turut diprakarsai oleh DR. (HC) Ir. Ciputra, yaitu Ciputra Golfpreneur Junior World Championship dan Ciputra Golfpreneur Tournament," ungkap dia.

Ketua Komite Klub Damai Indah Golf, Budi Karya Sumadi mendukung para pegolf profesional di Indonesia. Menurutnya Ciputra Golfpreneur Tournament menjadi panggung untuk meningkatkan kualitas permainan mereka agar bisa berprestasi di level internasional.

"Dunia olahraga itu harus mendapat dukungan agar atlet mampu mengharumkan nama bangsa. Kita berharap atlet Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa sekaligus mengibarkan bendera Merah Putih di ajang-ajang kejuaraan internastional," tutup Budi Karya.



Sumber: BeritaSatu.com