Komisi Pengarah Tak Setujui Lintasan Formula E di Area Monas

Komisi Pengarah Tak Setujui Lintasan Formula E di Area Monas
Konvoi kendaraan listrik melintas di kawasan Bunderan HI , Jakarta, Jumat 20 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Lenny Tristia Tambun / YUD Kamis, 6 Februari 2020 | 06:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka tidak setuju dengan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membangun lintasan Formula E di dalam area Monas.

“Ini merupakan hasil rapat Komisi Pengarah hari ini. Bahwa Komisi Pengarah tidak mensetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas. Kalau diluar silakan. Kalau didalam tidak,” tegas Setya Utama seusai menghadiri rapat revitalisasi Monas di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Menurut, Setya Utama keputusan itu diambil dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah Monas merupakan kawasan cagar budaya. Dikhawatirkan dengan pengerasan aspal untuk jalur lintasan balap mobil listrik ini akan merusak kawasan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Dengan banyak pertimbangan. Di sana ada cagar budaya yang harus diperhatikan. Kan ada pengaspalan dan lain-lain. Diizinkan kalau di luar kawasan monas,” kata Setya Utama.

Sampai saat ini, lanjutnya, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka belum mengeluarkan surat izin penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas. “Secara tertulis belum. Kan baru selesai dibicarakan hari ini,” tukasnya.

Seperti diketahui, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana telah menentukan rute lintasan Formula E sepanjang 2,6 kilometer. Rute lintasan akan terbentang dari Jalan Medan Merdeka Selatan. Kemudian belok kiri ke Jalan Silang Merdeka Tenggara dan masuk ke dalam kawasan Monas, memutari Jalan Titian Indah di dalam Monas, menuju Jalan Silang Merdeka Barat Daya, dan berakhir kembali di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Saat ini, PT Jakpro masih melaksanakan proses tender untuk memilih kontraktor membangun lintasan Formula E.



Sumber: BeritaSatu.com