Kempora Dukung Penyelenggaraan Final Nasional Piala Presiden ESports 2020

Kempora Dukung Penyelenggaraan Final Nasional Piala Presiden ESports 2020
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) menerima CEO IESPL, Giring Ganesha di Jakarta, Selasa (21/1/2020) sore menjelang final nasional Piala Presiden Esports 2020. ( Foto: Istimewa )
Alexander Madji / AMA Rabu, 22 Januari 2020 | 15:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung penyelenggaraan final nasional turnamen olahraga elektronik atau e-sport bertajuk Piala Presiden Esports 2020 yang pada 1-2 Februari 2020 mendatang. Diharapkan, turnamen ini dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

E-sports telah diperlombakan di turnamen-turnamen besar seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Kemudian e-sports akan dipertandingkan pada Olimpiade Paris di tahun 2024 mendatang. Cabang olahraga ini terbukti banyak melahirkan atlet muda yang bertalenta. Potensi ini harus dirawat dengan berbagai kejuaraan, salah satunya melalui Piala Presiden Esports yang saat ini sedang bergulir,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali seusai audiensi dengan Indonesia Esports Premiere League (IESPL) di Kemenpora, Jakarta, Selasa (21/1/2020) sebagaimana disampaikan dalam pernyataan tertulis yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Menurutnya, e-sports berpotensi menjadi cabang olahraga unggulan yang bisa mempersembahkan kebangaan bagi publik Tanah Air.

Bentuk dukungan Kempora terhadap e-spors dan Piala Presiden Esports 2020 pada khususnya antara lain adalah bahwa mereka sedang mengkaji regulasi yang nantinya akan memberikan legitimasi bagi e-sports sebagai sebuah cabang olahraga yang diakui di Indonesia.

“Dengan adanya regulasi tersebut, nantinya kita semakin terpetakan bagaimana cara membawa e-sports ke arah yang semakin positif dan memiliki kontribusi yang besar terhadap negara ini, khususnya di bidang olahraga dan sektor-sektor lainnya,” ujar Zainudin.

Sementara CEO IESPL Giring Ganesha memberikan apresiasi terhadap komitmen dan juga dukungan Kempora dalam memajukan perkembangan e-sports di Indonesia. Menurutnya, dukungan dari banyak pihak akan membuat ekosistem e-sports di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang.

“Membentuk ekosistem e-sports yang baik di Indonesia merupakan kerja keras dari berbagai elemen. Dari sisi kami, pengembangan ekosistem ini dilakukan dengan menyelenggaakan Piala Presiden Esports 2020, yang kini melibatkan tidak hanya pejuang e-sports dari Tanah Air tapi juga enam negara di Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Filipina,” kata Giring.



Sumber: Suara Pembaruan