Gelar Gowes Nusantara di Purbalingga, Kempora Harap Lahirkan Atlet Nasional

Gelar Gowes Nusantara di Purbalingga, Kempora Harap Lahirkan Atlet Nasional
Sebanyak 7.000 peserta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa antusias mengikuti sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019, Minggu (1/9/19) ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 1 September 2019 | 17:35 WIB

Purbalingga, Beritasatu.com - Sebanyak 7.000 peserta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa antusias mengikuti sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019, Minggu (1/9/19). Acara yang digelar Kementerian Pemuda Olahraga (Kempora) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga ini mengambil tema "Kita Semua Bersaudara".

Dalam kesempatan tersebut, Teguh Raharjo yang merupakan perwakilan Kempora mengatakan acara kali ini bisa merupakan salah satu wadah mengajak masyarakat untuk berolahraga.

Tak hanya itu, acara Gowes Nusantara juga diharapkan bisa menanamkan semangat olahraga kepada anak usia dini, yang bisa melahirkan bibit-bibit atau calon atlet. "Kami harap ada banyak acara olahraga di Purbalingga tidak hanya Gowes," ucap Teguh saat membuka secara resmi kegiatan yang bertagline Ayo Bergerak, Dimana Saja, Kapan Saja, Bersama Siapa Saja itu.

"Ini salah satu cara mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak bersama, berolahraga dan semoga dengan ini muncul bibit-bibit atlet yang menembus ke Olimpiade. Ini upaya pemerintah, harapannya masyarakat gemar olahraga," tambah Teguh.

Gowes Nusantara di Purbalingga menempuh rute sejauh 12 kilometer di seputaran kota. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sekitar pukul 07.00 WIB.

Selain sepeda santai, Pemkab Purbalingga juga menggelar lomba sepeda hias dengan tema "Merdeka" yang memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. Di akhir acara, panitia juga menyiapkan berbagai hadiah yang diundi antara lain, hadiah utama berupa sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, televisi, dan ratusan doorprice menarik lainnya.

Program Gowes Nusantara bertujuan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Pada tahun ini, ada 50 titik Kabupaten/Kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com