Erick Thohir: SEA Games 2019 Jadi Sasaran Antara Olimpiade 2020

Erick Thohir: SEA Games 2019 Jadi Sasaran Antara Olimpiade 2020
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir (tengah) bersama Hary Tanoesoedibjo (Chairman MNC Group) dan para atlet saat konferensi pers RCTI sebagai Oficial Broadcaster ajang SEA Games 2019. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Senin, 19 Agustus 2019 | 17:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir mengatakan Indonesia akan tetap mengerahkan atlet terbaiknya di ajang SEA Games 2019 yang akan digelar November mendatang di Filipina. Menurutnya, SEA Games 2019 menjadi ajang yang tepat buat para atlet Indonesia dalam mempersiapkan diri menghadapi event yang lebih bergengsi yakni Olimpiade 2020.

"SEA Games adalah sebuah event yang ditunggu-tunggu di Asia Tenggara. Masing-masing tuan rumah pastinya akan menampilkan cabang olahraga baru yang menjadi unggulannya. Dengan sukses kita di Asian Games lalu dan mengingat adanya Olimpiade 2020 di Tokyo mendatang, pastinya kita mengerahkan kekuatan terbaik," ujar Erick saat jumpa pers di Inew Center, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Dikatakan Erick, SEA Games menjadi ajang terdekat sebelum Olimpiade Tokyo. Untuk itu maka SEA Games menjadi sasaran antara untuk bisa beprestasi di Olimpiade 2020.

"Saya rasa dengan visi pemerintahan kita melihat agenda ke depan, kita sudah menggelar Asian Games dan ke depan ada Olimpiade. Itulah blueprint kita dimana SEA Games menjadi sasaran antara," lanjutnya. 

SEA Games Filipina akan digelar pada 30 November hingga 11 Desember 2019. Akan ada sekitar 56 cabang olahraga yang dipertandingkan, dengan melibatkan lebih dari 8.000 atlet dan ofisial tim.

Indonesia masih menyandang status sebagai negara tersukses pada ajang SEA Games. Sejak pertama kali berpartisipasi pada 1977, Tim Merah Putih terhitung sudah 10 kali sukses menjadi juara umum setelah terakhir menjadi juara pada tahun 2011. Hingga saat ini, saingan terdekat Indonesia dalam mengoleksi gelar juara di SEA Games adalah Thailand dengan tujuh kali menjadi juara.



Sumber: BeritaSatu.com