UMKM Menjadi Motor Ekonomi Rakyat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

UMKM Menjadi Motor Ekonomi Rakyat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Senin, 10 Agustus 2020 | 09:20 WIB
Oleh : Kunradus Aliandu / KUN

Jakarta, Beritasatu.com – Pandemi Covid-19 yang menerpa dunia berdampak signifikan terhadap peningkatan kemiskinan dan penurunan perekonomian nasional dan global. Karena itu, pemerintah mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan Dr Lukmanul Hakim menjelaskan arahan Wakil Presiden RI yang fokus pada pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan UMKM, khususnya usaha mikro. Sebagai stafsus yang membidangi ekonomi dan keuangan, Lukmanul Hakim segera berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait.
“Pemberdayaan usaha mikro harus menjadi prioritas untuk meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat,”ungkap Lukmanul Hakim, Senin (10/8).

Ia mengatakan, melalui pemberdayaan usaha mikro dapat membantu masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan hilangnya penghasilan karena usahanya terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong tumbuhnya kembali UMKM melalui kebijakan PEN. Bagi usaha mikro, pemerintah antara lain memberikan hibah bagi usaha pemula. Disamping itu, pemerintah juga menambah dana LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) koperasi dan UKM yang dapat digunakan untuk pinjaman murah bagi UMKM. Pemerintah juga memberikan subsidi bunga dan mempermudah pesyarakat kredit/pembayaan dan pendanaan bagi UMKM, diantaranya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta memberikan keringanan pembayaran pinjaman bagi UMKM.

Dalam program PEN, pemerintah memberikan subsidi bunga untuk 60,66 juta rekening UMKM. Dana tersebut sebesar Rp 27,26 triliun disalurkan melalui perbankan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dan perusahaan pembiayaan. Sedangkan Rp 6,40 triliun disalurkan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), Usaha Mikro Indonesia (UMI), Program Mekaar PNM, dan Perum Pegadaian.
Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi tambahan anggaran 0,49 triluiun melalui lembaga pembiayaan online, koperasi, petani, LPDB, dan UMKM Pemda. Insentif lainnya adalah berupa insentif pajak, diantaranya pajak penghasilan UMKM ditanggung pemerintah.

Lukmanul Hakim mengimbau para pengelola dana UMKM baik di LPDB, lembaga pembiayaan, perbankan, dan lembaga lain, mengimplemtasikan kebijakan pemerintah tersebut dengan memberikan kemudahan penyaluran pembiayaan dan restrukturisasi kredit bagi UMKM.

Ia menilai saat ini penyaluran KUR masih rendah dan perlu didorong efektivitas penyaluran pembiayaan untuk modal usaha mikro dan kecil tersebut dengan pendekatan dan paradigma baru. “Kami berharap perbankan dan lembaga keuangan menjadikan ini sebagai prioritas dengan langkah inovatif dan proaktif untuk menyelamatkan usaha mikro dan kecil ini,”ujarnya.

Dari total UMKM sekitar 64 juta usaha, sebanyak 98% adalah usaha mikro dan hanya sekitar 1,5% usaha kecil, sementara sisanya 0,5% usaha menengah. “Ini pekerjaan rumah kita bagaimana mampu meningkatkan usaha mikro menjadi usaha kecil serta memperbanyak usaha kecil naik kelas menjadi usaha menengah dan besar,”kata Lukmanul Hakim.



Sumber:PR


BAGIKAN


BERITA LAINNYA

Mulai Hari Ini, Ruang Pinere Baru di RSUDZA Resmi Beroperasi

Dengan ini, Pemprov Aceh memiliki 554 tempat tidur untuk merawat pasien positif Covid-19.

NASIONAL | 10 Agustus 2020

Sekolah di Zona Kuning Dibuka, FSGI: Keselamatan Siswa dan Guru Terancam

Daripada memperbolehkan sekolah dibuka, mestinya pemerintah melakukan intervensi terhadap pembelajaran jarak jauh.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

Banyak Mahasiswa Keluhkan Sinyal, Kemdikbud Siapkan BTS Mobile untuk Daerah Terpencil

BTS mobile ini merupakan hasil karya Dikti Kemdikbud bersama beberapa kampus di Indonesia.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

Dua Orang Petani Diduga Disandera MIT, Satu Ditemukan Tewas

Dua orang petani di Kabupaten Poso diduga disandera kelompok Mujahidin Indonesia Timur di mana satu orang berinisial AB ditemukan tewas pada Minggu (9/8/2020).

NASIONAL | 9 Agustus 2020

Polri Persilakan Pengacara Djoko Tjandra Ajukan Praperadilan

Mabes Polri memersilakan Anita Kolopaking mengajukan praperadilan terkait penahanan dirinya.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

Ditjen Dikti Siapkan Kuota Gratis untuk Mahasiswa Tidak Mampu

Pemerintah menyediakan kuota internet gratis untuk dua juta mahasiswa atau 25 persen mahasiswa dari total 8.043.480 mahasiswa terdaftar.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

KPAI: Sebelum Sekolah Zona Kuning Dibuka, Sebaiknya SKB 4 Menteri Dievaluasi

Berdasarkan sejumlah kejadian terjadi pada pembukaan sekolah zona hijau, KPAI menilai pembukaan sekolah pada zona kuning sangat beresiko bagi anak-anak.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

KPK Bakal Hadiri Gelar Perkara Dugaan Suap Red Notice Djoko Tjandra di Bareskrim

KPK berkomitmen berkoordinasi dan bersinergi dengan Polri maupun Kejaksaan Agung dalam mengusut tuntas skandal Djoko Tjandra.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

Inaca Gandeng Angkasa Pura, PHRI dan Maskapai Penerbangan Gelar Safe Travel Campaign

Inaca berharap kegiatan ini akan bisa menggairahkan perekonomian, sektor usaha penerbangan dan sektor pariwisata Indonesia yang terpuruk karena pandemi.

NASIONAL | 9 Agustus 2020

Sindikat Pemalsu STNK Berhasil Dibekuk Polda Jatim

Sindikat tersebut memalsukan STNK dengan modus memuluskan penjualan kendaraan bermotor bodong atau tanpa surat resmi.

NASIONAL | 9 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS