Ibu Menyusui Boleh Makan Sushi?

Ibu Menyusui Boleh Makan Sushi?
Ilustrasi sushi ( Foto: Tripsavvy )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 26 September 2019 | 15:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sushi, makanan khas Jepang ini banyak digemari banyak orang. Namun, biasanya sushi disajikan dengan mentah, itu yang membuat ibu hamil dilarang menghindari munculnya risiko pada janin. Jika ibu hamil dilarang, apakah ibu menyusui juga dilarang makan sushi?

1. Memastikan daging sushi segar
Anda dapat memilih sushi yang segar dengan memperhatikan penampilan daging ikan. Memang tidak semudah memilih ikan di pasar, karena sudah disajikan dalam kondisi daging ikan terpotong-potong.

Melihat daging ikan segar atau tidak dari warna yang tampak lebih pucat bila kurang segar. Anda juga bisa merasakan sushi tersebut, jika rasanya tidak meyakinkan.

Selain merasakan langsung, Anda juga dapat mencium aroma sushi. Jika baunya menusuk hodung, sebaiknya Anda beralih ke makanan lain.

2. Pilih ikan yang minim tercemar merkuri
Ikan memang mengandung protein yang dapat menyehatkan tubuh. Hal itu baik bagi kesehatan ibu dan bayi, namun sayangnya ikan tertentu cenderung mengandung merkuri.

Akan lebih baik jika ibu menyusui memilih ikan yang rendah kandungan merkurinya seperti ikan salmon, nila, ikan cod atau ikan patin.

3. Membuat sushi sendiri
Jika Anda khawatir dengan kebersihan restoran sushi atau ragu dengan kesegaran daging ikan di dalam sushi, Anda dapat membuat sushi sendiri. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis ikan yang rendah merkuri, ikan yang lebih segar dan tambahan sayur maupun buah agar lebih bernutrisi. Selain itu, kebersihan sushi juga lebih terjamin.

4. Pilih sushi dengan daging selain ikan
Jika kondisi ikan mentah memungkinkan bakteri berkembang biak dengan cepat, atau bakteri tetap hidup di tubuh ikan, Anda bisa memilih sushi dengan versi yang sudah matang.

Beberapa restoran memberikan pilihan sushi dengan ikan atau daging ayam yang sudah matang.

 



Sumber: Hellosehat.com, Tripsavvy.com