Makanan Pedas Jadi Tren Masyarakat Indonesia

Makanan Pedas Jadi Tren Masyarakat Indonesia
Sambal Dua Belibis meluncurkan kampanye “Pedes Yang Bener” di Jakarta, Kamis (29/8/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Kamis, 29 Agustus 2019 | 20:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa tahun belakangan, makanan dengan citarasa pedas tengah marak di masyarakat Indonesia. Tren ini pun diprediksi tidak akan ada matinya. Sebab rasa pedas sudah menjadi bagian dan terbiasa di tengah masyarakat Indonesia.

Chef Profesional Yuda Bustara mengatakan makanan pedas yang tengah tren belakangan adalah Bakso pedas mampus, bakso Aci, Samyang pedas, ayam geprek pedes. Makanan pedas ini pun semakin menjamur karena masyarakat Indonesia memang menyukai rasa pedas dan terbiasa dengan rasa itu.

"Oleh karena itu, saya yakin tren makanan pedas tidak akan ada matinya," ungkap Chef Yuda di sela peluncuran kampanye terbaru Dua Belibis di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Sayangnya, lanjut Chef Yuda, belakangan rasa pedas yang dihadirkan oleh para pelaku industri makanan pedas ini sudah tidak lazim lagi. Hal itu terlihat dengan adanya kata pedas mampus atau pedas level tinggi. Padahal, dengan tingginya rasa pedas hanya akan mematikan ras original dari makanan utamanya.

"Misalnya saja, ayam geprek pedas mampus atau level tertinggi, yang terasa lebih pada rasa sangat pedas. Sementara rasa ayamnya yang merupakan menu utama hilang karena tertutup oleh rasa pedas," jelasnya.

Melihat kondisi tren yang ada tersebut, Brand Manager dari Sambal Dua Belibis, Reggy Milyardi Prabowo, memaparkan, pihaknya meluncurkan kampanye baru yang disesuaikan dengan positioning Sambal Dua Belibis di pasar Indonesia saat ini, yaitu 'Pedes Yang Bener'.

"Dengan kampanye tersebut pihaknya ingin menyampaikan bahwa cita rasa asli pada sambal ini justru menambah kenikmatan dan bukan merusak rasa hidangan yang ada," ujar Reggy.

Chef Yuda menambahkan, sebagai seorang ahli kuliner, ia pun sangat mengerti bahwa perbedaan selera tiap orang itu berpengaruh pada penilaian orang atas suatu hidangan. Hampir semua orang menyukai rasa pedas namun tidak semua orang menyukai rasa pedas yang berlebihan.

"Disitulah pentingnya memilih sambal yang tepat yang memiliki rasa pedas yang pas karena semua orang bisa menikmati kadar pedasnya, rasa pedas yang khas karena terasa keaslian rasa pedasnya. Dengan kata lain, rasa pedas yang benar itu memang menjadi bagian penting dalam memasak," tutup Chef Yuda.

 



Sumber: Investor Daily