5 Kuliner Khas Medan yang Wajib Dicoba

5 Kuliner Khas Medan yang Wajib Dicoba
Mi Gomak. ( Foto: Istimewa )
Anselmus Bata / RIX Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:26 WIB

Jakarta, Beritasatu - Selain mengunjungi berbagai tempat wisata, ada satu hal lagi yang tidak boleh lupa dilakukan saat berlibur ke suatu kota, yaitu mencicipi kuliner khas lokal. Apalagi jika melakukan liburan ke kota di Indonesia, yang sudah pasti menawarkan kelezatan kuliner masing-masing.

Salah satu kota yang cukup terkenal akan kelezatan kulinernya adalah Medan. Mungkin kebanyakan orang mengenal Medan akan duriannya yang begitu khas, tetapi sebetulnya ada banyak menu kuliner lezat lain yang ditawarkan oleh kota di Sumatera Utara ini.

Mi Gomak
Orang-orang Medan kerap menyebut mi Gomak sebagai spageti khas Batak. Bentuknya minya memang mirip, dengan ukuran yang agak besar. Uniknya, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menikmati mi Gomak. Selain memakannya secara langsung, mi Gomak juga bisa dinikmati dengan campuran bumbu kacang atau kuah lontong.

Biasanya, orang-orang datang ke kawasan Jalan Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Kalige, Kabupaten Toba Samosir untuk menikmati mi Gomak ini. Tidak perlu khawatir soal harga karena per porsinya dijual mulai dari Rp 5.000 saja.

Lontong Kak Lin
Belum lengkap rasanya belibur ke Medan tanpa mencicipi kuliner lontong Medan. Mengingat popularitasnya yang cukup tinggi, lontong Medan bisa ditemukan dengan mudah. Namun, salah satu yang sudah terjamin kelezatannya dan menjadi favorit banyak orang adalah lontong Kak Lin. Lokasinya persis di depan SMA 1 Medan. Buka sejak pukul 06.00 waktu setempat, sebaiknya datanglah sepagi mungkin agar tidak kehabisan.

Satu porsi lontong Kak Lin terdiri dari potongan lontong, bihun, telur rebus, melinjo, kerupuk, dan disiram dengan kuah sayur. Selain lontong Medan, di sini juga terdapat menu andalan lain yang tidak kalah enak untuk dicoba, yaitu nasi gurih dan pecel.

Sate Memeng
Rasanya hampir setiap kota di Indonesia memliki kuliner sate khas masing-masing. Di Medan, ada yang namanya sate Memeng. Potongan dagingnya empuk, baik itu daging sate ayam, kambing, maupun sapi. Racikan bumbunya yang khas begitu meresap dan terada sedap di mulut, tetapi tidak menimbulkan atau meninggalkan rasa amis. Jika tertarik untuk mencobanya, sate Memeng bisa ditemukan di Jalan Irian Barat Nomor 1 Gang Buntu, Medan Timur.

Bihun Asie Kumango
Jika sedang berada di kawasan Jalan Kumango, sempatkan untuk mampir ke kedai Bihun Asie Kumango. Kuliner satu ini merupakan bihun bebek yang kelezatannya sudah cukup terkenal di kalangan orang Medan.

Hal tersebut tidak terlepas dari racikan bumbu khusus dan kaldu bebek yang begitu meresap. Namun, untuk menikmati satu porsi bihun Asie Kumango memang dibutuhkan bujet yang lebih banyak, yaitu Rp 60.000. Walaupun begitu, harga tersebut sepadan dengan porsinya yang besar dan rasanya yang enak. Hati-hati ketagihan!

Bolu Meranti
Sebelum pulang dari Medan, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk orang di rumah atau rekan kerja di kantor. Salah satu pilihan terbaik untuk dibeli adalah bolu Meranti. Tekstur bolunya begitu lembut, terlebih bolu Meranti hadir dengan beberapa jenis varian rasa. Mulai dari original, nanas, keju, cokelat, stroberi, kacang, hingga moka. Semua bisa dipilih sesuai dengan kesukaan masing-masing. Bolu Meranti bisa dibeli di daerah Jalan Sisingamangaraja atau Jalan Kruing Medan.

Sudah tidak sabar rasanya untuk segera menikmati kelezatan berbagai kuliner khas Medan. Sebelum itu, pastikan dahulu untuk mengantongi tiket pesawat ke Medan. Mengingat harga tiket pesawat yang dikabarkan mengalami kenaikan sejak beberapa bulan ini, mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau mungkin menjadi pekerjaan rumah tersendiri. Namun, dengan fitur Price Alert dari Traveloka, hal tersebut tidak mustahil diwujudkan.

Melalui fitur Price Alert, Anda bisa membeli tiket ke Medan via Traveloka dengan harga sesuai bujet. Cukup masukkan batasan bujet yang dikehendaki, destinasi, dan tanggal keberangkatan, lalu Traveloka akan mengirimkan notifikasi apabila muncul tiket pesawat dengan harga yang sesuai pengaturan bujet sebelumnya. Dengan fitur Price Alert dari Traveloka, kini berlibur ke Medan dengan pesawat bisa dilakukan tanpa menguras bujet.



Sumber: BeritaSatu.com