Ini 6 Keuntungan Punya Dana Darurat

Ini 6 Keuntungan Punya Dana Darurat
Ilustrasi dana darurat. ( Foto: Halo Money / Halo Money )
Yudo Dahono Senin, 7 Oktober 2019 | 21:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tidak semua orang beruntung memiliki banyak uang karena bergaji besar atau mendapatkan warisan. Orang-orang ini memang tidak perlu resah bila tiba-tiba mengalami musibah seperti sakit dan kecelakaan, karena uang selalu ada.

Nah. bagaimana dengan Anda yang kebetulan hanya memiliki dana pas-pasan? Apa yang akan Kamu lakukan bila membutuhkan uang banyak? Caranya, Anda hanya perlu mengalokasikan dana darurat, dengan menyisihkan sebagian penghasilan rutin ke pos yang satu ini.

Berikut enam keuntungan punya dana darurat yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

1. Persiapan terhadap hal tak terduga
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Jadi tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan menabung untuk kebutuhan darurat karena apa pun bisa terjadi tanpa bisa Anda prediksi.

Dengan memiliki dana cadangan, jika sesuatu hal yang buruk terjadi, misalnya sakit atau kecelakaan dan perlu dirawat, terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau bencana alam maka Anda tidak perlu khawatir karena sudah punya dana untuk mengatasinya.

2. Belajar mengelola uang
Menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat merupakan salah satu cara Anda belajar mengelola keuangan. Memulai mengumpulkan dana darurat sejak awal dan konsisten melakukannya akan membuat Anda terbiasa berhemat sehingga bisa mengatasi kesulitan finansial yang mungkin terjadi.

3. Menghindari utang
Saat membutuhkan uang, Anda tidak perlu mencari pinjaman atau gesek kartu kredit karena memiliki dana darurat. Anda cukup mengambil dana darurat yang Kamu simpan dan mempergunakannya untuk menutup semua kebutuhan tadi. Cara ini akan membuat Anda bebas dari sakit kepala akibat harus membayar utang.

4. Tak ganggu investasi
Dana darurat juga tidak akan menganggu dana yang sudah Anda investasikan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk membeli rumah atau kendaraan pribadi. Dengan memiliki dana darurat, Kamu tidak perlu menghancurkan impian Anda hanya karena membutuhkan dana dadakan.

5. Mengantisipasi kerugian
Jika kamu seorang pengusaha maka memiliki dana darurat adalah sebuah keharusan untuk mengantisipasi kerugian jika ternyata usaha yang Anda jalani tidak semulus harapan. Dalam bisnis dibutuhkan waktu minimal satu tahun untuk mengembangkan usaha dan balik modal.

Dana darurat akan sangat berguna jika kamu ternyata masih butuh tambahan modal dan belum balik modal alias belum mendapatkan keuntungan. Memiliki dana darurat untuk usaha juga lebih baik dari pada meminjam ke bank.

Kelebihan dana darurat yaitu mudah cair dan bisa diambil kapan saja Anda membutuhkannya. Sementara meminjam ke bank, Anda membutuhkan waktu pencairan, belum lagi bunga yang harus dibayar.

6. Terhindar dari sakit kepala
Secara psikologis, memiliki dana cadangan untuk kebutuhan tak terduga akan membantu Anda untuk hidup lebih tenang. Bukan apa-apa, Anda merasa sudah aman dan terjamin karena ada dana yang teralokasi untuk kebutuhan dadakan.

Kalau Anda masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!



Sumber: BeritaSatu.com