Logo BeritaSatu

Angka Kesembuhan Covid-19 Naik, Bukti Efektivitas Vaksin

Senin, 24 Januari 2022 | 18:19 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Angka kesembuhan Covid-19 menunjukkan tren peningkatan yang baik. Sepekan terakhir rata-rata kesembuhan di atas 500 orang. Data per 23 Januari 2022, ada 712 orang sembuh. Dengan rincian terdiri 339 transmisi lokal dan 373 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Sehingga angka kumulatif bertambah melebihi 4,1 juta orang sembuh atau tepatnya 4.123.267 orang (96,2%).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, faktor meningkatnya angka kesembuhan di antaranya disebabkan pasien yang sudah mendapatkan vaksinasi serta secara inisiatif cepat melakukan isolasi.

“Naiknya angka kesembuhan disebabkan juga karena mereka sudah divaksin dan melakukan isolasi dini,” kata Nadia saat dihubungi Beritasatu.com, Senin (24/1/2022)

Selain itu, dikatakan Nadia, pasien-pasien yang sudah sembuh tergolong tidak memiliki komorbid sehingga membantu mempercepat kesembuhan. “Iya, artinya kalau ada komorbid harus terkontrol. Ini berarti penyakit komorbidnya ya yang harus dikontrol,” ujar Nadia.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi. Dia mengatakan, ada beberapa faktor penyebab yang membuat pasien Covid-19 cepat sembuh. Seperti tingkat vaksinasi yang sudah cukup tinggi. Sehingga ketika terpapar Covid-19, cenderung tanpa gejala atau hanya bergejala ringan saja. Dengan demikian tingkat kesembuhan menjadi lebih cepat.

"Untuk saat ini jarang ada yang gejala berat. Sementara yang gejala ringan naik ke sedang, dan sedang naik ke berat, itu biasanya lebih lama penyembuhannya, tetapi minim," ungkap Sonny.

Dikatakan Sonny, masyarakat Indonesia juga sudah semakin memahami bagaimana berhadapan dengan penyakit ini. Ada beberapa faktor penyebab yang membuat pasien Covid-19 cepat sembuh.

"Masyarakat kita sudah memiliki literasi kesehatan yang sangat baik terhadap Covid-19 ini. Misalkan harus menjaga imunitas, rajin berolahraga, berjemur, makan makanan bergizi, tidak perlu panik dan lainnya di tengah pandemi ini," kata Sonny.

Faktor-faktor ini yang membuat mereka menjadi lebih tenang dan sangat mempengaruhi terus meningkatnya angka kesembuhan sehingga perlu terus ditingkatkan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saran Guru Besar Unpad soal Polemik Penjabat Kepala Daerah

Guru Besar Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Muradi berharap agar polemik penunjukan penjabat kepala daerah dapat dihentikan.

NEWS | 26 Mei 2022

Biotek Farmasi Hadirkan Keunggulan Bioteknologi Originator

Biotek Farmasi hadirkan keunggulan produk bahan olahan bioteknologi originator yang mempunyai efikasi dan keamanan terbaik di dunia.

NEWS | 26 Mei 2022

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 warga Jepang meninggal dunia di Shanghai, Tiongkok, selama masa penguncian wilayah (lockdown) Covid-19 sejak akhir Maret lalu.

NEWS | 26 Mei 2022

Warga Jakarta dan Relawan Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar dan warga DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan, biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar

NEWS | 26 Mei 2022

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

NEWS | 26 Mei 2022

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

Ketua DPR Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Kamis (26/5/2022).

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mendapatkan sponsor senilai Rp 100 miliar dari salah satu grup perusahaan hiburan dalam negeri

NEWS | 26 Mei 2022

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri.

NEWS | 26 Mei 2022

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Kedekatan antara Erick Thohir dengan NU dipandang karena memiliki kesamaan nafas nilai dan perjuangan yang sama.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menhub: Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

Menhub: Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings