Logo BeritaSatu

Sepanjang Tahun Ini, Satgas Telah Terbitkan 17 Aturan Perjalanan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:10 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan, Satgas Covid sudah menerbitkan sebanyak 17 aturan perjalanan untuk mencegah penularan Covid-19 sepanjang tahun 2021 ini.

Ia merinci hal itu terdiri dari 6 Surat Edaran (SE) perjalanan internasional dan 11 SE perjalanan dalam negeri yang dilakukan guna menekan mobilitas.

“Sepanjang tahun ini terdapat 6 Surat Edaran Satgas yang mengatur perjalanan internasional dan ada 11 yang mengatur pengetatan perjalanan dalam negeri, termasuk peniadaan mudik,” ujarnya saat konferensi pers virtual terkait Evaluasi Program PC-PEN dan Optimalisasi Anggaran Program PEN 2021, Selasa (26/10/2021).

Wiku mengatakan, keberhasilan untuk mengendalikan mobilitas yang aman Covid-19 akan berdampak positif bagi penanganan Covid-19. Sehingga, tidak akan terjadi lonjakan kasus dan masyarakat tetap bisa produktif.

"Oleh karena itu keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan mobilitas ini merupakan indikator yang sangat penting untuk memastikan kasus Covid-19 terus dikendalikan sehingga cita-cita masyarakat Indonesia yang produktif dan aman Covid-19 ini dapat tercapai,” kata Wiku.

Menurutnya, selain penyusunan dan pemantauan kebijakan Satgas juga melakukan upaya penanganan Covid-19 antara lain adalah pemantauan terhadap perubahan perilaku masyarakat yaitu menjaga jarak dan memakai masker, kemudian pembentukan posko di desa, atau kelurahan di seluruh Indonesia yang juga terus dipantau dan digiatkan.

“Kemudian penyediaan fasilitas isolasi terpusat dan yang terakhir distribusi masker sebagai upaya pencegahan,” paparnya.

Setiap bidang yang ada di bawah Satgas ini, lanjut Wiku, menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dari bidang data IT, penyediaan sistem satu data lawan Covid yang mencakup zonasi risiko, monitoring perubahan perilaku pelaksanaan PPKM mikro desa, dan kelurahan.

“Satgas terus berkoordinasi dengan kementerian lembaga di tingkat pusat maupun di daerah di seluruh Indonesia untuk memastikan pengendalian dilakukan secara terkoordinir dan terstruktur,” kata dia.

Diakui cakupan vaksinasi juga harus terus dikejar meski kasus Covid-19 mulai membaik. Meskipun saat ini kondisi kasus di Indonesia sudah membaik, masih ada tugas besar yang harus diperjuangkan yaitu peningkatan cakupan vaksinasi.

“Dan untuk itu kita semuanya harus bisa menangani dengan baik dan kondisi pandemi di Indonesia saat ini mengalami perbaikan dan harus terus dijaga dan jangan sampai kita terjadi lonjakan kasus terutama seperti negara-negara lainnya. Untuk itu diperlukan kerja sama seluruh pihak sehingga kita dapat mengendalikan kasus dengan baik,” kata Wiku.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPAI Minta Negara Hadir pada Anak Korban Tragedi Kanjuruhan

Negara harus bertanggung jawab terhadap jatuhnya korban jiwa dan luka-luka dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pasukan Keamanan Iran Bentrok dengan Mahasiswa di Teheran

Pasukan keamanan Iran bentrok dengan mahasiswa universitas terkemuka di Teheran pada Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Kelompok HAM: Israel Tahan 798 Warga Palestina Tanpa Diadili

Israel menahan 798 warga Palestina tanpa pengadilan atau tuntutan, jumlah tertinggi sejak 2008, ungkap sebuah kelompok HAM.

NEWS | 3 Oktober 2022

Mahfud MD Gelar Rakor Bahas Penanganan Tragedi Kanjuruhan

Menurut Mahfud MD, pemerintah serius untuk menindaklanjuti, merehabilitasi, dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyintas Hillsbrough Beri Pesan Dukungan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

Penyintas Hillsbrough Beri Pesan Dukungan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings