Logo BeritaSatu

Jokowi Anggarkan Rp 1,3 Triliun untuk Musnahkan Limbah Medis Covid-19

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:27 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun, Novy Lumanauw / BW

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk memusnahkan limbah medis Covid-19 yang saat ini volumenya mencapai 18.460 ton.

Demikian disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Jokowi secara virtual, Rabu (28/7/2021).
Meski belum diketahui alokasi anggaran untuk pengelolaan sampah medis Covid-19 akan diambil dari mana, Siti menegaskan, dana itu ada di beberapa pos anggaran di Satgas Covid-19, dana bagi hasil (DBH), dan dana alokasi umum (DAU).

“Arahan bapak Presiden tadi, dengan fasilitas dan dukungan anggaran yang ada, apakah dari dana Satgas Covid-19, dari dana DBH, DAU, bisa dipakai kira-kira diproyeksikan masih ada Rp 1,3 triliun,” kata Siti Nurbaya.

Anggaran ini, lanjut Siti, diminta Jokowi dapat digunakan untuk membangun alat-alat pemusnah sampah atau limbah medis Covid-19, baik itu berupa incinerator maupun shredder.

“Arahan bapak Presiden, ini akan diintensifkan lagi, yaitu kita bangun alat-alat pemusnah, apakah itu incinerator atau shredder. Ini harus segera direalisasikan dan diperintahkan bapak Presiden untuk segera dilaksanakan,” ujar Siti Nurbaya.

Penggunaan anggaran tersebut, menurut Siti, akan dibahas lebih lanjut oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama dengan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko serta Kementerian LHK bersama semua kementerian yang terlibat.

“Jadi anggaran ini diminta bapak presiden segera digunakan untuk membuat sarana-sarana terutama incinerator dan sebagainya. Nanti akan dibahas oleh Pak Menko dengan Kepala BRIN dan Kementerian LHK dan semua kementerian yang terlibat,” terang Siti Nurbaya.

Siti mengungkapkan, kalangan asosiasi rumah sakit memperkirakan rata-rata limbah medis Covid-19 cukup besar, yakni mencapai 383 ton per hari. Memang volume limbah medis per harinya masih di bawah dengan kapasitas pengolahan limbah B3 yang mencapai 493 ton per hari. Hanya saja, fasilitas pengolahan limbah B3 terpusat di Pulau Jawa.

Melihat permasalahan tersebut, Siti menerangkan Presiden memberikan arahan agar semua instrumen untuk menghancurkan limbah medis yang infeksius harus segera diselesaikan.

Diakuinya, ada banyak fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki alat pemusnah sampah medis berupa incinerator yang belum berizin. Karena itu, Kementerian LHK memberikan relaksasi untuk incinerator yang belum mengantongi izin operasional.
“Jadi selain izin dipercepat, juga relaksasinya, incinerator yang belum punya izin diperbolehkan beroperasi, dengan syarat suhunya 800 derajat celcius dan terus diawasi Kementerian LHK,” ungkap Siti Nurbaya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Warga Positif Covid-19 Terdeteksi PeduliLindungi, Begini Penjelasan Kemenkes

Nadia mengatakan, data pasien yang melakukan pemeriksaan di laboratorium pemeriksa Covid-19, akan terekam di aplikasi NAR.

KESEHATAN | 24 September 2021

Ralali.com akan Menggelar Virtual Exhibition WHEALTH 2021

Ralali.com menciptakan peluang baru bagi sektor kesehatan, dan industri wisata medis untuk memamerkan produk dan layanan secara virtual.

KESEHATAN | 24 September 2021


Terima 3,4 Juta Dosis Vaksin, Dirjen IKP: Stok Vaksin Indonesia Aman

Dengan kedatangan vaksin yang berkelanjutan tersebut, menunjukkan kepada masyarakat bahwa stok vaksin Indonesia termasuk dalam kategori aman.

KESEHATAN | 23 September 2021

Satgas: Pertahankan Kelandaian, Pemerintah Genjot Cakupan Vaksinasi Covid-19

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan pemerintah terus mendorong peningkatan cakupan vaksinasi di Indonesia untuk mempertahankan kelandaian kasus Covid-19.

KESEHATAN | 23 September 2021

Gelar Vaksinasi Door to Door , BIN Sebar 107.000 Vaksin di 10 Provinsi

Badan Intelijen Negara (BIN) menyebar 107.000 vaksin di 10 provinsi yang cakupan vaksinasinya masih rendah melalui program vaksinasi door to door.

KESEHATAN | 23 September 2021

Puan Maharani Minta Antisipasi Terjadinya Gelombang Ketiga Covid-19 pada Akhir Tahun

Ketua DPR Puan Maharani meminta semua pihak mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 pada akhir tahun saat hari libur seperti Natal dan Tahun Baru.

KESEHATAN | 23 September 2021

Satgas Minta Hentikan PTM di Sekolah yang Ditemukan Kasus Covid-19

Hasil survei menyebutkan sebanyak 2,77% dari sekolah tersebut menimbulkan klaster kasus Covid-19 per 23 September 2021.

KESEHATAN | 23 September 2021

Kualitas Udara Rendah Bunuh 7 Juta Orang Per Tahun

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan kualitas udara rendah membunuh 7 juta orang per tahun.

KESEHATAN | 23 September 2021



TAG POPULER

# PON Papua


# Tukul Arwana


# Toko Obat Ilegal


# Piala Sudirman


# Suap Pejabat Pajak



TERKINI
IHSG Berpeluang Menguat, Cermati Saham-saham Ini

IHSG Berpeluang Menguat, Cermati Saham-saham Ini

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings