Logo BeritaSatu

Studi L’Oréal: 75% Penuaan Dini Disebabkan Sinar UV

Jumat, 16 April 2021 | 19:51 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Penelitian yang dilakukan oleh L’Oréal membuktikan bahwa 75% masalah penuaan dini pada kulit dapat disebabkan oleh sinar UV.

Sinar UVB merupakan sinar yang dapat mengakibatkan efek sunburn. Sedangkan, sinar UVA adalah UV yang paling merusak kulit, yang menyerang sepanjang hari dengan 3 dampak utama, hyperpigmentasi, kerusakan struktur kulit dan mengurangi kelembapan, fungsi sel dan stres oksidatif.

Global Scientific Director L’Oréal Paris, Elisabeth Bouhadana, menjelaskan studi klinik menunjukkan kronologi proses penuaan dini seperti noda hitam, kulit kusam, dan garis halus, dapat terjadi lebih cepat jika seseorang terekspos oleh UV tanpa menggunakan sun screen atau tabir surya. Sebanyak 75% penuaan dini disebabkan oleh sinar UV yang disebut juga photo-aging. UVA meningkatkan radikal bebas di kulit lapisan epidermis dan dermis sejak paparan pertama dan menyebabkan noda hitam.

"Oleh karena itu, menggunakan sunscreen sebagai skin care dasar harian merupakan hal yang utama, dan pemilihan sun screen yang tepat akan dapat mencegah 98% dampak buruk dari paparan sinar UV serta membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuan dini pada kulit,” ungkap Elisabeth, Jumat (16/4/2021).

Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia, Maria Adia menambahkan, sun screen menjadi produk yang wajib dimiliki dalam setiap skin care rutin, mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis dengan intesitas paparan sinar matahari yang tinggi.

"Pada umumnya masyarakat menginginkan produk sun screen yang memiliki manfaat lebih yang tak sekedar mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Untuk itu, L’Oréal Paris menghadirkan L’Oréal Paris UV Defender, hybrid sun screen dengan manfaat skin care active yang dapat membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini dan diformulasikan sesuai dengan kebutuhan kulit," jelasnya.

Maria pun membagikan tips menjaga kesehatan kulit untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit. Pertama, selalu gunakan sun screen sebagai perlindungan utama terhadap paparan UV. Kedua, aplikasi ulang sun screen sebaiknya setiap 4 jam sekali. Ketiga, pilih sun screen yang tepat untuk kulit.

"Terakhir, pilihlah sun screen dengan manfaat yang tak sekedar melidungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, namun juga dapat bantu mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aster Kasad Berharap Jajaran TNI AD Mampu Adaptif, Aktual dan Responsif

Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna meminta Apkowil TNI AD tidak terlalu buta dengan perkembangan ekonomi secara global.

NEWS | 6 Oktober 2022

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Dorong Perdamaian dengan Rusia

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Maharani mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berperang.

NEWS | 6 Oktober 2022

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022

Kesal Penggugat Tak Hadir, Artis Jessica Iskandar Ngamuk di PN Jaksel

Artis Jessica Iskandar tak bisa membendung kekesalannya kepada penggugatnya, Christopher Steffanus Budianto atau Stefan karena tak hadir di PN Jaksel

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kenalkan Alessa, PPM Ramaikan Pasar Motor Listrik Nasional

Kenalkan Alessa, PPM Ramaikan Pasar Motor Listrik Nasional

OTOMOTIF | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings