Logo BeritaSatu

Tips Puasa Sehat Kolaborasi ALODOKTER dan ShopeePay

Kamis, 15 April 2021 | 10:39 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – ALODOKTER dan ShopeePay berkolaborasi meluncurkan kampanye “Puasa Sehat, Chat Dokter Hemat” untuk meningkatkan kesiagaan masyarakat melalui kemudahan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional di manapun dan kapan pun, di tengah ibadah puasa Ramadan yang masih dalam bayang-bayang pandemi Covid-19 di tahun kedua.

Ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 merupakan sebuah tantangan bagi setiap orang. Selain harus menahan lapar lebih dari 12 jam lamanya, mereka juga dituntut untuk selalu bisa menjaga kesehatan agar tidak mudah tertular virus corona.

Menurut Presiden Direktur ALODOKTER, Suci Arumsari, masyarakat Indonesia percaya bahwa puasa sehat adalah kunci dari ibadah Ramadan yang optimal, karena dengan tubuh yang kuat maka aktivitas apapun bisa dijalankan dengan maksimal. Hal ini tercermin dari peningkatan yang signifikan pada angka jumlah pengguna fitur chat dokter kami di bulan Ramadan.

“Mayoritas berkonsultasi tentang tips menjalankan puasa apabila mereka memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pun diet sehat saat berpuasa. Memahami tingginya kebutuhan masyarakat terhadap layanan konsultasi kesehatan digital di bulan Ramadan, ALODOKTER ingin memastikan agar masyarakat selalu terhubung dengan para ahlinya, yaitu dokter-dokter di ALODOKTER dan menunaikan ibadahnya secara penuh,” ujar Suci dalam siaran pers, Rabu (14/4).

Berikut ini tips sehat dan produktf di tengah puasa yang dianjurkan:

1. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan

Agar tidak kekurangan energi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa, mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka menjadi hal yang sangat penting. Lengkapilah menu sahur dan buka puasa dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, tetap minum air putih yang cukup, mulai dari berbuka puasa hingga sebelum sahur, agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji (fast food), gorengan, dan makanan yang banyak mengandung gula. Kurangi juga konsumsi minuman yang manis serta minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena dapat memicu dehidrasi.

2. Tetap aktif dan rutin berolahraga

Wajar bila merasa lebih lemas dan lesu ketika berpuasa, namun tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari, tetapi harus tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin. Lakukanlah olahraga 3–5 kali seminggu dengan durasi 15–30 menit. Pilih olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat, misalnya sit-up, yoga dengan gerakan yang santai, atau angkat beban ringan di rumah. Bisa juga berjalan santai di sekitar perumahan sambil tetap terapkan physical distancing alias menjaga jarak dengan orang lain paling tidak 1-2 meter.

3. Istirahat yang cukup

Selama bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang bangun dini hari untuk melakukan salat atau bangun awal untuk menyiapkan sahur, karena itu waktu tidur harus dijaga dan diperhatikan. Cukup atau tidaknya waktu tidur dan istirahat sangat berpengaruh pada imunitas tubuh, dan kurang tidur bisa mengakibatkan lebih mudah terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus corona. Ganti waktu tidur malam yang kurang dengan tidur siang atau tidur lebih awal di malam hari.

4. Jalani ibadah di rumah

Ramadan memang erat dengan ibadah bersama di masjid. Tetap menerapkan physical distancing bagi yang pergi ke masjid. Bagi yang ingin beribadah di rumah, tetap bisa melakukan ibadah salat tarawih berjamaah dengan keluarga dan juga bisa mengaji dan mendengarkan ceramah dari TV atau radio bersama-sama.

5. Silaturahmi dengan cara lain

Bulan puasa juga merupakan momen yang tak lepas dari kegiatan silaturahmi. Namun, di tengah merebaknya virus corona seperti sekarang, lebih baik menunda dulu berkumpul dengan sanak saudara atau kerabat secara langsung untuk mengurangi risiko penyebaran virus ini. Kita bisa memanfaatkan telepon, gadget, dan koneksi internet, untuk bersilaturahmi dengan keluarga tanpa membuat orang lain maupun diri sendiri berisiko terpapar virus corona.

6. Tetap lakukan vaksinasi

Walau sedang berpuasa, pemberian vaksin Covid-19 tetap harus dijalankan. Tujuannya adalah untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga rantai penularan virus corona bisa terputus secepatnya. Mengingat tahap kedua vaksinasi sudah berjalan, tahap ketiga vaksinasi untuk masyarakat umum kemungkinan akan segera dimulai dan mungkin saja pada bulan Ramadan. Sebagai informasi, melakukan vaksinasi saat berpuasa tidak akan membatalkan puasa.

7. Urungkan niat untuk mudik

Mengurungkan niat untuk mudik tidak akan mengurangi kesucian bulan penuh berkah ini, alih-alih menjadi perbuatan yang baik karena melindungi keluarga dan orang lain dari risiko terinfeksi virus corona. Selain mencegah wabah Covid-19 di Indonesia semakin meluas, juga bisa berhemat karena biaya mudik bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau mungkin bersedekah kepada orang-orang yang terkena dampak dari wabah ini.

Di samping itu, terapkan pola hidup sehat dan terus patuhi protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) agar ibadah Ramadan tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

Ditambahkan oleh Suci, apabila kondisi medis atau penyakit tertentu muncul saat berpuasa, jangan ragu untuk melakukan konsultasi secara daring bersama tenaga kesehatan profesional, yakni dokter umum, psikolog, dokter gigi, dan dokter spesialis. Apalagi, kolaborasi ALODOKTER dengan ShopeePay kali ini memberikan keuntungan berupa cashback 100% ShopeePay untuk chat dengan dokter mulai 15 April-24 April 2021. Masyarakat juga dapat mengikuti flash sale spesial voucher promo ALODOKTER seharga Rp1 pada 22 April-24 April.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Percepat Vaksinasi untuk Cegah Mutasi Covid-19

Amin Soebandrio menambahkan vaksin Covid-19 yang ada masih bisa digunakan untuk mencegah virus tersebut menjangkiti seseorang.

KESEHATAN | 15 April 2021

Kemkes: Mutasi E484K dari Varian yang Ada Saat Ini Tidak Berbahaya

Ada tiga varian menjadi perhatian WHO yakni virus B117, B1351, dan P1.

KESEHATAN | 15 April 2021

Zona Merah Bertambah, Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Pergeseran zonasi kabupaten/kota suatu daerah dapat disebabkan oleh beberapa indikator tunggal.

KESEHATAN | 14 April 2021

Siloam Hospitals Tangani Kesehatan 532 Warga NTT Korban Banjir

Bupati Terpilih Malaka, Dr Simon Nahak SH, turut mendampingi tim kesehatan Siloam Hospitals sekaligus memberi dukungan dan bantuan bagi warga.

KESEHATAN | 14 April 2021

Epidemiolog Minta Presiden Hentikan Pengembangan Vaksin Nusantara

Pasalnya, pengembangan vaksin Nusantara tidak sesuai dengan proses pengembangan vaksin yang semestinya.

KESEHATAN | 14 April 2021

Epidemiolog: Vaksin Nusantara Tak Praktis untuk Atasi Pandemi

Epedemiolog UI mempertanyakan dukungan dari anggota Komisi IX DPR.

KESEHATAN | 14 April 2021

Epidemiolog Pertanyakan Dukungan DPR untuk Vaksin Nusantara

Seharusnya semua pihak berterima kasih dan mengapresiasi BPOM yang membuka kebohongan di balik vaksin nusantara.

KESEHATAN | 14 April 2021

Bumame Farmasi Gandeng ASRI Mudahkan Tes Covid-19

Kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan dan tes Covid-19 yang aman, nyaman, dan simple semakin meningkat.

KESEHATAN | 14 April 2021

Gatot Nurmantyo Sambut Tawaran Terawan Diambil Darah untuk Vaksin Nusantara

Apa pun saya lakukan untuk bangsa dan negara ini.

KESEHATAN | 14 April 2021

Eijkman: Vaksin Nusantara Tidak Bisa untuk Vaksinasi Massal

Pengembangan vaksin Nusantara berbasis sel dendritik tidak dapat dilakukan untuk vaksinasi massal.

KESEHATAN | 14 April 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS