Menlu Tiongkok Siap Bantu Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin di ASEAN
Logo BeritaSatu

Menlu Tiongkok Siap Bantu Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin di ASEAN

Senin, 8 Maret 2021 | 06:23 WIB
Oleh : WBP

Beijing, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menyatakan keseriusannya membantu Indonesia sebagai pusat produksi vaksin Covid-19 di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

"Tiongkok sudah mengirimkan vaksin Covid-19 kepada negara-negara ASEAN dan membantu Indonesia menjadi pusat vaksin yang bisa memenuhi kebutuhan negara-negara ASEAN," katanya dalam jumpa pers yang digelar di sela-sela Sidang Parlemen China di Beijing, Minggu (7/3/2021)

Tiongkok dan ASEAN telah membangun hubungan strategis dan menjadi mitra dialog selama 30 tahun. "Konfusius berkata, pada usia 30 tahun seseorang sudah bisa hidup mandiri. Setelah 30 tahun, Tiongkok-ASEAN telah membangun konsep bersama tentang solidaritas, saling membantu, dan perlakuan setara untuk mencapai tujuan dan visi bersama menghadapi masa depan yang lebih cerah," kata Wang yang juga anggota Dewan Negara tersebut menanggapi pertanyaan ANTARA.

Ia menyebutkan pada tahun lalu, Presiden Xi Jinping untuk pertama kalinya menghadiri China-ASEAN Expo dilanjutkan oleh Perdana Menteri Li Keqiang menghadiri pertemuan para pemimpin Tiongkok-ASEAN.

"Ini menunjukkan bahwa Tiongkok sangat mementingkan kerja sama Tiongkok-ASEAN dan mendukung posisi sentral ASEAN. Oleh sebab itu, kami bersedia bekerja sama membangun masa depan yang lebih baik hingga 30 tahun mendatang," ujarnya.

Untuk pertama kalinya ASEAN telah menjadi mitra dagang terbesar Tiongko pada tahun lalu sekaligus mengungguli posisi Uni Eropa dan Amerika Serikat. "Kami akan mempererat kerja sama dengan ASEAN yang saling menguntungkan lagi. Pola pembangunan baru akan disesuaikan dengan Kerangka Kerja Pemulihan Ekonomi Komperehensif ASEAN agar implementasi RCEP (Kemitraan Ekonomi Komperehensif Regional) lebih efektif lagi," kata Wang.

Dalam jumpa ratusan awak media domestik dan asing dengan menggunakan video streaming di Media Center China itu, Wang juga menyinggung isu Laut China Selatan.

"Kami akan memperkuat kerja sama dengan ASEAN untuk mengatasi hambatan-hambatan dan mempercepat konsultasi Kode Etik Laut China Selatan, secara aktif melaksanakan kerja sama maritim demi terpeliharanya perdamaian dan stabilitas kawasan dalam jangka panjang," ujarnya.

Sidang Parlemen China yang terdiri dari dua sesi, yakni Majelis Permusyawaratan Politik dan Kongres Rakyat Nasional, masing-masing dibuka pada Kamis (4/3) dan Jumat (5/3) di Balai Agung Rakyat, Beijing.

Sidang tahunan itu melibatkan 2.953 orang anggota parlemen dari Partai Komunis Tiongkok dan perwakilan nonpartai.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Dengan Webinar, Ikatisa31 Dorong Masyarakat Waspada pada Ancaman Covid-19

Dengan melakukan vaksinasi, diharapkan Indonesia bisa memutuskan transmisi penyakit serta meningkatkan ketahanan individu, keluarga, dan masyarakat.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Hoax! Vaksin Moderna Ubah DNA Manusia

Informasi sesat itu berasal dari video di Facebook berdurasi 12 menit 12 detik oleh akun bernama Jeanette Wilson.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kemkes: Data Tes Antigen Sudah Masuk Laporan Harian Covid-19

Dengan masuknya data antigen, diharapkan semakin mempercepat deteksi kasus positif Covid-19.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Belum Semua Nakes Divaksinasi, Kemkes: Ada Kendala Geografis

Kendala geografis menjadi penyebab sulitnya pemberian vaksin kepada nakes yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk wilayah pelosok atau pedalaman.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Update Covid-19: Tambah 5.826, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.379.662

Kementerian Kesehatan melaporkan penambahan harian kasus Covid-19 di Indonesia Minggu (7/3/2021) sebanyak 5.826. Total kasus Covid-19 di Indonesia 1.379.662.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kemkes: Akses Pendaftaran Vaksin Lansia Sudah Diperbanyak

Pemerintah mengutamakan kelompok lansia berusia 60 tahun ke atas dengan tahap awal difokuskan untuk Pulau Jawa dan Bali.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kenali Mitos Keliru dalam Penanganan Luka

Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo SpA mengatakan masih banyak beredar mitos keliru misalnya mitos luka yang dibiarkan terbuka dan kering akan cepat sembuh.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kasus Covid-19 Turun, Epidemiolog: Tetap Lanjutkan 3T

Pengujian, pelacakan dan isolasi atau testing, tracing, treatment (3T) harus ditingkatkan yang diperkuat dengan sistem surveillance (pengawasan).

KESEHATAN | 7 Maret 2021

PPKM Mikro Diperpanjang, Satgas: Lihat Saja Hasilnya

Baginya lebih baik melihat saja hasil yang dilakukan satuan petugas dan pemerintah selama ini berbuat apa saja ke depan.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Peran Nutrigenomik dalam Program Diet

Nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik.

KESEHATAN | 7 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS