Hoax! Vaksin Moderna Ubah DNA Manusia
Logo BeritaSatu

Hoax! Vaksin Moderna Ubah DNA Manusia

Minggu, 7 Maret 2021 | 21:05 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menegaskan informasi yang beredar di media sosial bahwa vaksin Moderna dapat mengubah DNA manusia sebagai hoax atau berita bohong.

“Tidak benar bahwa vaksin Moderna dapat mengubah DNA manusia. Vaksin yang berbasis mRNA seperti Moderna hanya menginstruksikan sel-sel dalam tubuh untuk membuat protein, sehingga membentuk antibodi yang dapat mencegah infeksi virus,” sebut pernyataan KPCPEN dikutip dari situs covid19.go.id, Minggu (7/3/2021).

KPCPEN menjelaskan munculnya informasi sesat itu dari postingan di Facebook berupa video berdurasi 12 menit 12 detik oleh akun bernama Jeanette Wilson. Postingan yang mendapat 2.000 likes itu menjelaskan sebuah artikel dari akun Twitter @naomirwolf. Rujukan artikel tersebut berisi penjelasan mengenai penemuan dan pengembangan vaksin Moderna untuk melawan virus.

Di akhir video, pada menit ke 00:12:00 – 00:12:06, Jeanette Wilson memberikan kesimpulan setelah membaca keseluruhan artikel tersebut bahwa vaksin Moderna “dirancang untuk mengubah DNA manusia”. Sayangnya, postingan Jeanette Wilson beredar di tengah kondisi vaksinasi yang telah digencarkan oleh pemerintah di berbagai negara.

“Setelah dilakukan penelusuran fakta, pernyataan tersebut menyesatkan. Tidak benar bahwa vaksin yang berbasis mRNA seperti Moderna, Pfizer, BioNTech, dapat mengubah DNA manusia,” sebut pernyataan KPCPEN.

Hoax serupa juga pernah diunggah di website turnbackhoax.id, di antaranya berjudul “Vaksin Covid-19 berbasis mRNA Dapat Mengubah DNA Manusia” dan “Vaksin Covid-19 Dapat Mengubah DNA Manusia”. Kedua informasi tersebut salah.

Salah satu relawan dokter Covid-19 di Indonesia, dr Muhamad Fajri Adda’i, menyatakan bahwa vaksin yang berbasis mRNA menggunakan protein dari virus yang tidak aktif. Vaksin yang mengandung protein tersebut disuntikkan ke dalam tubuh manusia, yang kemudian membentuk antibodi dan sel-sel imun lain agar dapat melawan virus yang masuk dalam tubuh.

Lebih lanjut, melansir artikel dw.com berjudul Coronavirus vaccines: Fake news and myths go viral, Institut Paul-Ehrlich yaitu Institut Federal untuk Vaksin dan Biomedis, memberi penjelasan bahwa integrasi RNA ke dalam DNA tidak dimungkinkan karena perbedaan struktur kimianya.

Selain itu, belum ada penelitian yang membuktikan mRNA yang bereaksi dalam tubuh setelah divaksinasi, mengubah DNA manusia.

“Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, postingan video Jeanette Wilson adalah hoax dan termasuk ketegori konten yang menyesatkan,” lanjut KPCPEN.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemkes: Data Tes Antigen Sudah Masuk Laporan Harian Covid-19

Dengan masuknya data antigen, diharapkan semakin mempercepat deteksi kasus positif Covid-19.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Belum Semua Nakes Divaksinasi, Kemkes: Ada Kendala Geografis

Kendala geografis menjadi penyebab sulitnya pemberian vaksin kepada nakes yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk wilayah pelosok atau pedalaman.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Update Covid-19: Tambah 5.826, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.379.662

Kementerian Kesehatan melaporkan penambahan harian kasus Covid-19 di Indonesia Minggu (7/3/2021) sebanyak 5.826. Total kasus Covid-19 di Indonesia 1.379.662.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kemkes: Akses Pendaftaran Vaksin Lansia Sudah Diperbanyak

Pemerintah mengutamakan kelompok lansia berusia 60 tahun ke atas dengan tahap awal difokuskan untuk Pulau Jawa dan Bali.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kenali Mitos Keliru dalam Penanganan Luka

Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo SpA mengatakan masih banyak beredar mitos keliru misalnya mitos luka yang dibiarkan terbuka dan kering akan cepat sembuh.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kasus Covid-19 Turun, Epidemiolog: Tetap Lanjutkan 3T

Pengujian, pelacakan dan isolasi atau testing, tracing, treatment (3T) harus ditingkatkan yang diperkuat dengan sistem surveillance (pengawasan).

KESEHATAN | 7 Maret 2021

PPKM Mikro Diperpanjang, Satgas: Lihat Saja Hasilnya

Baginya lebih baik melihat saja hasil yang dilakukan satuan petugas dan pemerintah selama ini berbuat apa saja ke depan.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Peran Nutrigenomik dalam Program Diet

Nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Siloam Hospitals Group Dukung Vaksinasi Lansia DKI Jakarta

“Oleh karena itu, Siloam siap mendukung setiap program pemerintah demi Indonesia yang lebih sehat dan baik,” ungkap dr Harijanto

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Prihatin Vaksinasi Baru Capai 10%, Gubernur Babel Bentuk Tim Percepatan

Beberapa pihak lambat merespons dan mengabaikan percepatan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

KESEHATAN | 7 Maret 2021


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Istri Ridwan Kamil Positif Covid-19

NASIONAL | 9 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS