Sekolah Segera Dibuka, IDI: Pertimbangkan Indikator Per Wilayah
Logo BeritaSatu

Sekolah Segera Dibuka, IDI: Pertimbangkan Indikator Per Wilayah

Senin, 1 Maret 2021 | 23:03 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah berencana akan kembali membuka sekolah dan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021 mendatang. Merespons hal tersebut, Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Adib Khumaidi mengatakan, suatu kebijakan nasional harus memperhatikan indikator kesiapan.

“Indikator itu mungkin tidak bisa secara nasional tetapi indikator wilayah. Jadi strateginya adalah strategi kewilayahan,” kata Adib pada konferensi pers tentang Jelang 1 Tahun Pandemi Covid -19 di Indonesia secara virtual, Senin (1/3/2021).

Ia menyebutkan, pada saat kebijakan mengedepankan indikator wilayah, maka harus ada indikator yang dibuat untuk menjadi pedoman, seperti positivity rate, jumlah kasus, dan lainnya. Dengan begitu, apabila aktivitas masyarakat akan dimulai, semua harus mempertimbangankan hal tersebut.

Selanjutnya, hal lain perlu diperhatikan dari pembukaan sekolah ini adalah kesiapan sekolah seperti ventilasi udara, durasi yakni berapa lama masa pembelajarannya, tempat cuci tangan, serta hal lainnya yang telah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Abid menyebutkan, kebijakan yang akan diterapkan harus melihat skala prioritas. Apabila pemerintah fokus pada pembukaan sekolah, maka harus memenuhi semua persyaratan menjadi pedoman.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Ketua Divisi Pedoman dan Protokol Tim Mitigasi IDI, Eka Ginanjar. Ia menuturkan, pembukaan sekolah pada Juli mendatang kemungkinan bisa dilaksanakan secara nasional ataupun hanya di beberapa wilayah yang siap.

“Bisa jadi hanya Jakarta, karena syarat-syarat sudah terpenuhi atau Yogyakarta. Jadi jangan dipaksa dijalankan secara nasional karena setiap daerah berbeda-berbeda,” ucapnya.

Ginanjar menyebutkan, pembukaan sekolah secara nasional bisa dilakukan pada Juli apabila target sasaran vaksinasi yakni 181,5 juta sudah dituntaskan, sehingga sudah terbentuk herd immunity. Selain itu, tren kasus perlu diperhatikan termasuk perilaku masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

“Kita lihat terus data-datanya, jumlah kasus harus ada tren penurunan dan testingnya meningkat. Jadi kita optimis saja Juli 2021 sekolah kembali dibuka. Ayo masyarakat sama-sama dengan kepercayaan besar dari masyarakat, kita jalani sama-sama programnya testing, tracing, dan treatment,” ucapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IDI: Media dan Influencer Harus Bantu Perubahan Perilaku Masyarakat

Sekarang belum waktunya agak longgar dan santai, tetapi tetap ketat pada protokol kesehatan dan perubahan perilaku sehat.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

Insentif Nakes Belum Cair, IDI Minta Pemerintah Perbaiki Regulasi

IDI bersama organisasi profesi lain telah bertemu pihak Kementerian Kesehatan untuk membahas insentif nakes yang belum cair.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

Pakar Farmasi UI Dorong Pemantauan Vaksin untuk Cegah Reaksi Alergi

Prof Retnosari Andradjati mendorong adanya pemantauan keselamatan vaksin (vaccine safety surveillance) selama masa pengenalan vaksin Covid-19.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

IDI Sebut Prokes 5M Jadi Strategi Kalahkan Covid-19

Masyarakat juga harus menjaga lingkungan dengan fokus terhadap ventilasi, durasi, dan jarak.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

IDI: Masih Terlalu Dini Nyatakan Vaksin Mampu Turunkan Kasus Covid-19

Masih terlalu dini menyatakan vaksin mampu menurunkan kasus baru.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

Tips Kulit Tetap Sehat, Jangan Salah Pilih Sabun Mandi

Penggunaan sabun mandi yang tepat juga menjadi salah satu cara penting dalam perawatan kulit tubuh.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

Kasus Covid-19 Turun, IDI: Tetap Waspada karena Gelombang Pertama Belum Usai

Penurunan kasus ini tidak dapat disimpulkan dampak dari pelaksanaan vaksinasi.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

IDI: Perilaku Masyarakat Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Angka Covid-19 dunia sudah mulai turun, sementara Indonesia kalau pun turun, tidak terlalu drastis.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

Update Covid-19: Tambah 6.680, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.341.314

Kasus harian Covid-19 di Indonesia pada Senin (1/3/2021) berjumlah 6.680. Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.341.314.

KESEHATAN | 1 Maret 2021

Wamenkes: Kehadiran Good Doctor Bantu Masyarakat

Good DOctor membantu masyarakat menjalani pengobatan secara digital.

KESEHATAN | 1 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS