Kualitas Udara Ruangan Bantu Lindungi Diri di Masa Pandemi
Logo BeritaSatu

Kualitas Udara Ruangan Bantu Lindungi Diri di Masa Pandemi

Sabtu, 23 Januari 2021 | 22:49 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menjaga kebersihan dan kesagaran udara di dalam ruangan selama pandemi Covid-19 sangatlah penting. Pasalnya, selama masa pandemi ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru), dr Maydie Esfandiari SpP menjelaskan, tubuh membutuhkan oksigen dari udara untuk kelangsungan metabolisme.

"Oleh karena itu, penting untuk memiliki udara yang bersih dan berkualitas seperti tidak berwarna, berbau, dan terasa segar bila dihirup, serta tidak bercampur dengan benda asing," kata dr Maydie, dalam keterangan persnya, Sabtu (23/1/2021).

Seiring waktu, jelas dr Maydie, kualitas udara semakin memburuk sehingga muncul berbagai gangguan penyakit yang berbahaya dan sering dikeluhkan seperti infeksi saluran napas atas (ISPA), kanker, jantung, kulit hingga kondisi yang paling dikhawatirkan saat ini yaitu terpapar Covid-19.

"Bahkan, berdasarkan pernyataan WHO, penularan virus Covid-19 melalui udara atau airbone dapat terjadi pada ruangan tertutup yang berventilasi kurang baik dan dipadati banyak orang. Untuk itu sangat penting untuk selalu menjaga kualitas dan sirkulasi udara bersih di dalam ruangan agar tubuh tetap sehat dan bebas dari virus, bakteri, serta jamur yang dapat menyerang sistem pernapasan,” jelasnya.

Menurut dr Maydie, perhatikan sirkulasi udara dan letakkan ventilasi pada posisi yang tepat, jaga kebersihan benda-benda yang rentan menyerap debu, bakteri, jamur seperti mesin pendingin, karpet ataupun boneka. Pelihara tanaman yang memberikan oksigen tambahan hingga menggunakan semprotan disinfektan yang aman untuk saluran pernapasan.

"Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta protokol kesehatan dengan ketat. Selalu gunakan masker, cuci tangan, hindari keramaian, jaga imunitas tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin serta gunakan peralatan makan sendiri," tandasnya.

Sementara itu, Product Manager PT Natural Nutrindo, Nurhayatini mengungkapkan, udara bisa 100 kali lebih tercemar di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

"Polusi udara tidak hanya terjadi di luar saja, tapi juga di dalam ruangan. Hal ini biasanya akibat dari aerosol rumah tangga, cat pernis, produk pembersih, dupa, lilin, hingga tembakau. Belum lagi, adanya polutan organik yang ada di dalam ruangan akibat udara yang tidak bersih, seperti virus, bakteri, tungau, jamur mikroskopis, jamur, ragi, kutu busuk, dan serbuk sari,” ungkapnya.

Nurhayatini menambahkan, pihaknya menghadirkan Puressentiel Purifying Air Spray yang merupakan semprotan disinfektan premium dengan kemampuan memberikan perlindungan ekstra dan efektif membasmi hingga 99,86 persen virus, bakteri, jamur serta menghilangkan aroma tak sedap dalam ruangan.

"Memiliki kandungan 41 jenis minyak esensial dan 100 persen bahan alami, bebas kandungan propelan maupun pewangi sintetis, bioalkohol, Puressentiel Purifying Air Spary menggunakan formula yang sudah dipatenkan dan dapat terurai secara alami meminimalisir dampak buruk pada lingkungan," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Per Hari Ini, 172.901 Tenaga Kesehatan Telah Divaksinasi

Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat per hari ini, Sabtu (23/1/2021) sebanyak 172.901 orang telah divaksinasi.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

4.990 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran

Total ada sebanyak 4.990 pasien positif Covid-19 tengah menjalani isolasi mandiri dan perawatan di Tower 4-7 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Kasus Sembuh Cetak Rekor, DKI dan Jabar Terbanyak

Dari total 9.912 kasus sembuh nasional, sumbangan terbanyak terjadi di DKI Jakarta yakni sebanyak 3.492.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Long Covid pada Setiap Orang Bisa Berbeda

Long Covid adalah suatu kondisi seseorang masih mengalami gejalan Covid-19, meski sudah dinyatakan negatif dari virus corona.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Dubes RI: Disiplin Warga Jepang Tinggi, Penerapan Protokol Kesehatan Tanpa Sanksi

Aturan mematuhi protokol kesehatan di Jepang hanya disampaikan melalui imbauan, namun untuk restoran dan bar dibatasi jam usahanya.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Tambah 9.912, Kasus Sembuh Covid-19 Pecah Rekor Hari Ini

Jumlah kasus sembuh 9.912 pada hari ini memecahkan rekor sebelumnya yakni 8.775 yang terjadi pada Rabu (20/1/2021).

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Bio Farma Siap Distribusikan 4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 pada Februari

Bio Farma menerima sebanyak 15 juta dosis bulk vaksin Covid-19 dari Sinovac, pada 12 Januari 2021 lalu dan telah menjalani proses produksi menjadi final product

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Doni Monardo Menduga Terpapar Covid-19 Saat Makan Bersama

Doni Monardo menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Doni Monardo Positif Covid-19

Kepala BNPB tersebut, kini tengah melakukan isolasi mandiri sambil terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah.

KESEHATAN | 23 Januari 2021

Indonesia Wajib Membangun Sistem Kesehatan Publik Tangguh

Menkes mengungkapkan bahwa perbaikan ekonomi tidak akan terjadi selama masyarakat masih takut untuk berinteraksi dan keluar rumah.

KESEHATAN | 23 Januari 2021


TAG POPULER

# Pembelajaran Tatap Muka


# Anggaran Covid-19


# Edhy Prabowo


# Ayu Dyah Andari


# Anggota Brimob Tewas



TERKINI

Skenario Net Zero Emission Hasilkan Pertumbuhan Ekonomi yang Lebih Tinggi

NASIONAL | 9 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS