BPOM Permudah Izin Obat Covid-19

BPOM Permudah Izin Obat Covid-19
Penny K Lukito. (Foto: Antara)
Novy Lumanauw / AB Senin, 18 Mei 2020 | 09:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menegaskan dukungannya dalam penanganan pandemi Covid-19. Salah satu cara yang ditempuh adalah mempermudah prosedur dan perizinan obat yang dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Penanganan Covid-19, kata Penny, menjadi tanggung jawab bersama dan harus dilakukan secara bergotong-royong oleh pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat.

"BPOM memberikan relaksasi dan simplifikasi prosedur serta percepatan pelayanan publik untuk produk obat dan makanan, khususnya produk yang mendukung pencegahan Covid-19. Kami mengapresiasi upaya pelaku usaha untuk menerapkan praktik yang baik dalam produksi dan distribusi obat dan makanan secara konsisten di masa pandemi ini," ujar Penny dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (18/5/2020)

BPOM, lanjutnya, secara aktif mendorong riset dan hilirisasi obat herbal serta promosi untuk membudayakan penggunaan produk herbal Indonesia oleh masyarakat, terutama produk immunomodulator untuk memelihara daya tahan tubuh yang diperlukan masyarakat saat pandemi Covid-19.

Selain itu, BPOM juga meminjamkan mesin polymerase chain reaction (PCR) untuk Labkesda DKI Jakarta dan laboratorium pemeriksa Covid-19 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Rencananya, PCR milik 21 Balai Besar POM di seluruh Indonesia akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan laboratorium.

Pada 23 Maret 2020, BPOM juga telah meminjamkan empat unit mobil insinerator untuk memusnahkan limbah medis infeksius yang dihasilkan selama proses penanganan pasien Covid-19 di RS Darurat Kemayoran Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com