Cara Mudah Redakan Demam

Cara Mudah Redakan Demam
Saat dilanda demam ringan, coba lakukan cara ini. (Foto: Istimewa)
Claudia Ramadhani / CLA Selasa, 21 April 2020 | 20:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Demam, menjadi salah satu gejala umum dari Covid-19. Ini tak mengherankan, mengingat demam memang menjadi salah satu bentuk reaksi ketika sistem kekebalan tubuh sedang melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Meski menjadi salah satu gejala umum dari Covid-19, Anda diharapkan tidak segera panik saat suhu tubuh Anda meninggi. Saat demam masih dalam tahap ringan, ada beberapa hal yang bisa langsung Anda lakukan guna menurunkan demam. Namun, jika demam terus terjadi, bahkan suhu tubuh menjadi begitu tinggi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Sebelum terlanjur panik, berikut ini merupakan beberapa cara yang dinilai bisa membantu menurunkan demam ringan yang Anda derita:

Minum banyak cairan

Jagalah agar tubuh Anda tetap terhidrasi saat menderita demam. Minumlah setidaknya 8 hingga 12 gelas air sehari untuk menjaga cairan dalam tubuh Anda, dan membuat urine Anda berwarna bening. Terus mencukupi asupan cairan akan menggantikan hilangnya cairan dan mineral dari tubuh.

Minum teh jahe panas

Menyeduh secangkir teh jahe panas juga efektif ketika Anda menderita demam. Untuk membuatnya, tambahkan setengah sendok teh jahe cincang dalam 1 cangkir air hangat. Saring lalu minum airnya. Teh jahe ini juga akan membantu membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman.

Konsumsi makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga sangat efektif ketika Anda mengalami demam. Jadi Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan irisan cabai rawit atau sambal pedas ke dalam makanan Anda. Komponen utama di dalam cabai adalah kapsaisin, yang membuat seseorang berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah dengan cepat.

Mandi

Mandi dengan air hangat akan sangat membantu menurunkan suhu tubuh. Jangan mencoba menurunkan demam dengan mandi atau merendam diri dalam air dingin. Dengan mandi atau berendam di air dingin, suhu tubuh Anda justru akan semakin menghangat bukannya mendingin.



Sumber: BeritaSatu.com