Lakukan Ini Agar Tubuh Bugar Seharian Saat Harus Work From Home

Lakukan Ini Agar Tubuh Bugar Seharian Saat Harus Work From Home
Jaga kebugaran tubuh saat harus bekerja dari rumah. (Foto: Istimewa)
Bebby Astrika / BBY Selasa, 21 April 2020 | 17:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bekerja dari rumah justru membuat pekerjaan semakin banyak? Kebijakan bekerja dari rumah sebaiknya masih dijalankan selama periode PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Namun, banyaknya pekerjaan seringkali membuat waktu istirahat atau bahwa jam makan berantakan. Kondisi ini tentu dapat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Padahal, Anda juga harus terus menjaga kesehatan untuk mencegah infeksi Covid-19.

Agar Anda tetap bugar saat harus menjalani semua aktivitas di rumah, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu:

1. Banyak minum air putih
Konsumsi air putih yang kurang akan membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan penurunan tingkat energi. Selain itu, dehidrasi justru membuat jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa oksigen, nutrisi, dan memperlambat peredaran darah pada tubuh. Banyak-banyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.

2. Jangan lewatkan sarapan
Aktivitas padat yang dimulai pada pagi hari biasanya membuat Anda sering melewatkan sarapan pagi. Mulai sekarang, hindari hal tersebut, karena sarapan pagi bisa meningkatkan metabolisme tubuh, setelah tidur panjang pada malam harinya.

3. Hindari gadget sebelum tidur
Lampu yang dihasilkan beberapa perangkat elektronik, seperti telepon seluler (ponsel), televisi, atau laptop, bisa membuat siklus tidur Anda berubah. Cahaya dari perangkat teknologi yang sedang digunakan dapat membuat kita terjaga lebih lama dan membuat tubuh menjadi lebih susah untuk tidur.

4. Hindari tidur larut pada akhir pekan
Pola tidur larut malam pada akhir pekan bisa membuat Anda merasa lelah pada hari berikutnya. Hal ini ternyata bisa menghabiskan energi saat hari Senin. Hindari kebiasaan ini dengan tetap mempertahankan pola tidur, seperti hari-hari biasanya. Menjaga pola tidur Anda akan membuat Anda merasa segar sepanjang hari.

5. Hindari konsumsi alkohol
Sebagian orang menikmati minuman beralkohol setelah seharian bekerja untuk membantu mereka bersantai sebelum tidur. Namun alkohol justru dapat mengganggu tidur Anda di malam hari. Awalnya, alkohol hanya mengubah sistem saraf dan menghasilkan efek penenang yang dapat membantu Anda tertidur. Namun hal itu tidak terjadi ketika Anda tidur, karena tubuh tetap menghasilkan energi dan justru membuat Anda sering terjaga pada malam hari. Pola seperti ini hanya akan membuat energi tubuh Anda berkurang setiap hari.

6. Jadwalkan olahraga
Di sela-sela kesibukan bekerja, online meeting dan aktivitas lainnya, sebaiknya Anda memiliki jadwal tetap untuk berolahraga. Lakukan olahraga minimal 30 menit per hari untuk membantu menjaga kebugaran tubuh.



Sumber: BeritaSatu.com