Nutrisi Berperan Penting Tingkatkan Imunitas Tubuh

Nutrisi Berperan Penting Tingkatkan Imunitas Tubuh
Danone Indonesia bekerja sama dengan organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Foodbank of Indonesia menyediakan 33.000 makanan bergizi, 2.000 suplai makanan pokok, serta bantuan nutrisi yang diberikan kepada tenaga medis, pekerja nonformal, kelompok rentan termasuk lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak di atas 1 tahun. (Foto: Beritasatu Photo / Dok. Danone)
Indah Handayani / FER Selasa, 21 April 2020 | 16:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Nutrisi berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus dibangun tidak hanya pada saat terjadi pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), sistem imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia, termasuk penyakit yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, atau produk biologis lainnya seperti toksin yang disebabkan oleh organisme tersebut.

Baca Juga: Cegah Covid-19 pada Anak dengan Pemberian Nutrisi

Dr Ariani Dewi Widodo Sp A(K) menjelaskan, bagi kelompok rentan seperti ibu hamil, menyusui, anak-anak, serta tenaga medis, sistem imun tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga.

"Meskipun berperan sebagai proteksi terhadap penyakit, pada keadaan tertentu sistem imun tubuh dapat melemah. Karena itu, fungsi sistem imun harus terus dijaga. Di antaranya dengan beristirahat cukup, olahraga teratur, serta konsumsi makanan bergizi dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta air putih yang cukup,” ungkapnya.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, mengatakan, berbagai upaya gotong royong dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir rantai penularan Covid-19. Untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, Danone bekerja sama dengan organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Foodbank of Indonesia untuk menyediakan 33.000 makanan bergizi, 2.000 suplai makanan pokok, serta bantuan nutrisi yang diberikan kepada tenaga medis, pekerja nonformal, kelompok rentan termasuk lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak di atas 1 tahun.

Baca Juga: Tiga Kunci Utama Kesembuhan Pasien Covid-19

"Selain terus mengupayakan pasokan produk bernutrisi yang esensial bagi kesehatan masyarakat dengan protokol kesehatan yang ditingkatkan dan sesuai dengan anjuran pemerintah, kami juga mendukung penyediaan makanan bergizi. Bantuan ini kami prioritaskan bagi pihak yang paling terdampak seperti. tenaga medis, pekerja nonformal, serta masyarakat dalam kategori dan area yang rentan,” paparnya.

Dukungan nutrisi oleh Danone Indonesia diberikan kepada 14.000 tenaga kesehatan di 30 rumah sakit rujukan. Diantaranya RS Darurat Wisma Atlet, RS Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso dan berbagai Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas di Jakarta).

Sebanyak 19.000 makanan untuk pekerja nonformal, keluarga dengan lansia, anak-anak, hingga ibu hamil. Serta, 2.000 suplai makanan pokok dan 500 dukungan nutrisi berupa susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun.

Baca Juga: Yakin, Mencuci Tangan Sudah Membunuh Virus?

Selain dukungan langsung, kelompok usaha Danone di Indonesia melalui kategori Specialized Nutrition (SN) juga aktif melakukan edukasi melalui kanal digital kepada konsumen untuk terus menjaga semangat pada ibu agar senantiasa berjuang menjaga kualitas kesehatan anak. Beberapa diantaranya adalah bincang-bincang dengan Psikolog dan Dokter Spesialis Anak melalui Instagram.

"Dengan membahas berbagai topik mulai dari mendukung stimulasi anak selama di rumah, cara mengurangi stres para Ibu, hingga nutrisi penting untuk daya tahan tubuh si Kecil,” tutup Vera.



Sumber: BeritaSatu.com