Terapi Produksi Hormon Endorfin untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Terapi Produksi Hormon Endorfin untuk Kesembuhan Pasien Covid-19
Ilustrasi Bahagia (Foto: Liputan6.com)
Carlos KY Paath / EAS Minggu, 19 April 2020 | 20:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Upaya medis penyembuhan pasien positif Covid-19 ternyata lebih efektif setelah pasien diajak praktik healing deep relaxation. Demikian disampaikan pemilik klinik Power of Powerless-Healing Deep Relaxation, Dr Andreas.

"Metode relaksasi ini membuat tubuh secara aktif memproduksi hormon endorfin, yang memiliki efek mengurangi rasa sakit, nyeri dan stres, serta meningkatkan imunitas, membangkitkan perasaan senang, tenang, dan bahagia," kata Andreas dalam keterangannya, Minggu (19/4/2020).

Secara sederhana, kata Andreas, hormon endorfin otomatis terproduksi bila seseorang berpikir positif, banyak bersyukur, dan banyak senyum lepas (ramah). Andreas berkeyakinan metode healing deep relaxation ini bisa membantu lebih banyak orang, tidak hanya pasien Covid-19, tetapi juga masyarakat luas di Indonesia.

"Kita berharap melalui terapi ini akan banyak pasien Covid-19 yang sembuh total," ucap Andreas.

Sementara itu, dr Fajar Subroto yang berpraktik di RS Harapan Kita mengatakan, hormon endorfin sangat membantu proses penyembuhan, tak terkecuali pasien Covid-19. Fajar yang sempat didiagnosa terpapar virus Covid-19 menjelaskan, dirinya sempat dihantui ketakutan dan susah tidur.

Setelah melakukan relaksasi yang dipandu Andreas, menurut Fajar, tubuhnya menjadi lebih segar dan sehat. Penyakit batuk serta sesak nafas yang dialaminya berangsur pulih.

Melalui relaksasi, kata Fajar, tubuh seseorang mengeluarkan hormon endorfin yang membuatnya merasa tenang, kondisi lebih baik, bahkan bisa keluar dari rasa khawatir yang berlebihan. Apalagi, lanjut Fajar, sekarang ini banyak informasi yang kerap membuat masyarakat takut, terutama terkait ancaman virus Covid-19.

Di sisi lain suster Aisah dari RS Harapan Kita menjelaskan, terapi ini efektif membantu beberapa keluhan yang muncul akibat penyakit dan efek samping dari pengobatan.

"Dari segi medis, endorfin bisa membantu penyembuhan karena senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Endorfin ini keluar saat kita merasa bahagia dan tenang serta mampu menimbulkan perasaan senang hingga membuat seseorang berenergi," kata Aisah.

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung pemerintah untuk memulihkan kesehatan masyarakat, terutama dari ancaman Covid-19, saat ini Power of powerless Healing Deep Relaxation membuka layanan gratis terapi 24 jam. 



Sumber: BeritaSatu.com