Cegah Virus Corona dengan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cegah Virus Corona dengan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah infeksi virus Corona. (Foto: Istimewa)
Bebby Astrika / BBY Kamis, 9 April 2020 | 18:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com. Terdapat beberapa usaha yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona. Selain tetap berada di rumah, memperkuat daya tahan tubuh juga menjadi cara utama dalam mencegah penyakit yang saat ini mewabah, yakni Covid-19.

Mengonsumsi makanan seimbang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena, nutrisi yang baik sangat penting untuk sistem kekebalan yang kuat. Apa saja makanannya? Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang dan bervariasi. Semakin bervariasi jenis makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin lengkap zat gizi yang didapat tubuh untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Untuk membentuk daya tahan, tubuh tak hanya membutuhkan vitamin saja, melainkan lebih banyak dari itu. Berikut beberapa jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh:

Protein berperan dalam sistem kekebalan tubuh, terutama untuk penyembuhan dan pemulihan. Makan berbagai makanan protein termasuk makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan dan kacang polong, produk kedelai dan kacang-kacangan dan biji-bijian yang tidak tawar.

Vitamin A membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi dengan menjaga kulit dan jaringan di mulut, lambung, usus, dan sistem pernapasan tetap sehat. Dapatkan vitamin ini dari makanan seperti ubi jalar, wortel, brokoli, bayam, paprika merah, aprikot, dan telur.

Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh dengan merangsang pembentukan antibodi. Masukkan lebih banyak sumber vitamin sehat ini dengan memilih buah jeruk seperti jeruk, jeruk bali dan jeruk keprok, atau paprika merah, pepaya, stroberi, jus tomat atau makanan yang diperkaya dengan vitamin C, seperti beberapa sereal.

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh. Masukkan vitamin E dalam diet Anda dengan sereal yang diperkaya, biji bunga matahari, almond, minyak nabati (seperti minyak bunga matahari atau minyak safflower), hazelnut dan selai kacang.

Seng atau zinc membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik dan dapat membantu menyembuhkan luka. Seng dapat ditemukan dalam daging tanpa lemak, unggas, makanan laut, susu, produk gandum, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Nutrisi lain, yaitu vitamin B6, B12, tembaga, asam folat, selenium, dan zat besi juga dapat mendukung respon imun dan berperan dalam gaya makan yang sehat. Selain makanan, olahraga rutin terus disarankan meskipun Anda berada di rumah. Anda bisa melakukan olahraga ringan namun dilakukan secara rutin. 



Sumber: BeritaSatu.com