Wiranto Sebut Indonesia Masih “Siaga Darurat” Virus Korona

Wiranto Sebut Indonesia Masih “Siaga Darurat” Virus Korona
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus korona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 6 Februari 2020. ( Foto: Antara / Umarul Faruq )
Lenny Tristia Tambun / Dina Manafe / FMB Senin, 17 Februari 2020 | 15:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengatakan penanganan virus korona (Covid-19) di Indonesia masih pada tahap siaga darurat.

“Menteri Kesehatan juga sudah menyampaikan ya, lewat perwakilannya tadi, bahwa kita saat ini menghadapi virus korona memang pada tahap siaga darurat ya,” kata Wiranto di Gedung Wantimpres, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Dijelaskannya, tahap siaga darurat artinya pemerintah meminta kebersamaan seluruh masyarakat agar siaga, jangan sampai virus korona masuk ke Indonesia dan menyebar. Kalau hal itu terjadi, maka kondisi Indonesia akan naik pada tahap “Tanggap Darurat” Korona.

”Kita hindari tanggap darurat ya. Jadi kembali tadi, hasil rapat tadi sebenarnya mengimbau seluruh masyarakat berpartisipasi untuk menjaga agar Indonesia bisa terbebas dari virus ini dalam kondisi siaga darurat, tidak meningkat kepada tanggap darurat,” jelas Wiranto.

Hingga saat ini, laboratorium Kementerian Kesehatan juga telah menerima 104 spesimen pasien terduga virus korona dari 39 rumah sakit di 19 provinsi di Indonesia. Hasilnya, seluruh spesimen dinyatakan negatif virus korona.



Sumber: BeritaSatu.com