Aplikasi Jovee Bantu Memilih Suplemen Kesehatan untuk Personal

Aplikasi Jovee Bantu Memilih Suplemen Kesehatan untuk Personal
CEO ITMI dan co-founder Jovee, Natali Ardianto (tiga dari kiri) dan CEO PT Indopasifik Medika Investama (IMI Group) John Kwari menjelaskan aplikasi memilih suplemen yang tepat, Jovee, di Jakarta, Kamis (14/11/2019) ( Foto: Beritasatu Media Holding Group / Mardiana Makmun )
Mardiana Makmun / MAR Jumat, 15 November 2019 | 21:49 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com- Kebutuhan nutrisi setiap orang bersifat personal. Dengan kata lain tak ada yang sama. Hal ini tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi tubuh, dan aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan data science, aplikasi Jovee dapat mengetahui dan menghitung kebutuhan nutrisi bagi setiap orang.

Pernahkah Anda merasa seperti depresi? Cemas, lesu, dan lain-lain? “Jangan dulu berpikir Anda depresi. Mungkin saja tubuh sedang kekurangan mikronutrient vitamin dan mineral,” kata CEO ITMI dan co-founder Jovee, Natali Ardianto, di sela pengenalan Jovee, aplikasi untuk membantu memilih suplemen kesehatan yang tepat bagi setiap individu, di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Bisa dimaklumi, tambah dr.Fala Adinda, tim dokter Jovee, tak semua orang mengerti bahwa kondisi tubuh yang mungkin mudah emosi, kelihatan seperti depresi, atau mudah lelah, adalah akibat kekurangan makronutrin vitamin dan mineral. “Saya pun pernah mengalami itu. Dengan aktivitas saya yang padat, penyuka lari, dan sepeda, saya merasa mudah lelah dan ternyata saya kekurangan vitamin dan mineral yang cukup untuk menunjang aktivitas itu,” tambah dr.Fala.

Bad Diet

Memang, lanjut dr.Fala, seharusnya kebutuhan vitamin dan mineral tersebut dipasok oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. “Tetapi sayangnya, apa yang kita makan ternyata tidak selalu memenuhi pola makan sehat sehingga kebutuhan nutrisi vitamin dan mineral tidak tercukupi. Apalagi anak-anak milenial sekarang, mereka bisa order makanan secara online dan yang penting yang mereka makan itu mengenyangkan tanpa peduli apakah kebutuhan protein, vitamin, dan mineralnya tercukupi,” keluh dr.Fala.

Dalam jangka panjang, pola makan tak sehat akan berbahaya. Natali mengungkapkan, berdasarkan data dari Health effects of dietary risks in 195 countries, 1990–2017: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2017, pola konsumsi tak sehat atau bad diet berkontribusi terhadap 22% kematian. “Kontribusi bad diet pada kematian mencapai 22%. Ini lebih besar dibandingkan kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan rokok, yang hanya 18%,” ungkap Natali.

Karena itu, jangan main-main dengan pola makan tak sehat. Bahkan, meski sudah merasa melakukan pola makan sehat, risiko kekurangan vitamin dan mineral juga tetap ada. “Karena itu, aplikasi Jovee diluncurkan untuk membantu setiap orang mengetahui apakah kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi atau belum,” ujar Natali.

Jovee, terang Natali, dirancang untuk mengetahui kebutuhan asupan nutrisi sesuai jenis kelamin, usia, kondisi, dan aktivitas setiap orang. “Aplikasi ini menggunakan data science untuk memberikan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Rekomendasi suplemen bersifat personal sehingga hasil yang didapat tergantung dari jawaban penggunanya ketika menjawab sekitar 20-30 pertanyaan di aplikasi,” tambah Natali.

Dengan adanya Jovee, masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi mengenai produk suplemen yang cocok bagi mereka. “Dengan mengetahui informasi suplemen yang tepat, gaya hidup sehat diharapkan dapat tercapai. Karena pola hidup dan olahraga yang dijalankan setiap orang berbeda, maka kondisi setiap orang tentu tidak akan sama. Kondisi yang berbeda tentu membutuhkan asupan suplemen yang berbeda pula,” tandas Natali.

Menggandeng John Kwari, CEO PT Indopasifik Medika Investama (IMI Group) yang merupakan perusahaan investasi yang bergerak khusus di bidang kesehatan serta memiliki jaringan apotek Pharmaplus, pengakses Jovee selanjutnya bisa mendapatkan suplemen yang sesuai kebutuhan tubuh untuk 30 hari dengan harga mulai Rp99 ribu.



Sumber: BeritaSatu.com