Pendampingan Orang Tua Pengaruhi Karakter Anak

Pendampingan Orang Tua Pengaruhi Karakter Anak
Ilustrasi keluarga rukun, ayah dan ibu yang bertanggungjawab dalam pengembangan anak-anak.
/ FER Minggu, 29 September 2019 | 17:46 WIB

Purwokerto, Beritasatu.com - Psikolog dari Metafora Consulting Therapy Training Education, Ketti Murtini, mengingatkan pentingnya pendampingan orang tua dalam tahap tumbuh kembang anak guna membentuk karakter sejak usia dini.

"Orang tua menjadi contoh pertama bagi anak-anak mereka, sehingga keteladanan orang tua, menjadi dasar perilaku dan pemikiran sepanjang hidup anak mereka," kata Ketti Murtini di Purwokerto, Minggu (29/9/2019).

Ketti mengingatkan, masa lima tahun pertama dari kehidupan manusia sangat krusial dalam membentuk karakter anak.

"Dengan demikian, dapat diartikan bahwa lima tahun pertama merupakan periode emas untuk membentuk karakter anak sejak dini, karenanya pendampingan orang tua pada periode awal itu sangat penting bagi anak-anak," katanya.

Ketti menambahkan, orang tua atau keluarga terdekat merupakan figur yang paling sering dilihat oleh anak-anak di rumah. Karena itu, segala perilaku orang tua akan terekam oleh anak.

"Sehingga, sangat perlu memberikan contoh dan teladan yang positif di hadapan anak-anak sehingga anak akan meniru hal yang positif pula," katanya.

Menurut Ketti, karakter seorang anak merupakan hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.

"Jadi intinya, jika ingin membentuk karakter yang positif bagi diri anak, maka berikan contoh dan keteladanan yang juga positif, sehingga dalam prosesnya anak terbiasa dengan hal yang positif bukan hal negatif. Misalnya, apabila sejak kecil anak diberikan contoh kekerasan maka lama-lama anak akan meniru hal negatif seperti itu," tandas Ketti.

 



Sumber: ANTARA