Sering Lupa Alas Kaki, Jemaah Haji Indonesia Alami Cedera Panas

Sering Lupa Alas Kaki, Jemaah Haji Indonesia Alami Cedera Panas
Tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH) sering menemukan jemaah yang keluar dari bangunan masjid tanpa menggunakan alas kaki. ( Foto: Tim P3JH / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 13 Juli 2019 | 15:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Kedatangan jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi sudah memasuki minggu ke-2. Sebagian besar jemaah sudah berada di Madinah sebagai bagian gelombang satu. Banyak hal penting yang harus diingat agar jemaah tidak cedera.

Di Madinah, aktivitas ibadah jamaah haji dipusatkan di Masjidil Nabawi. Namun sayangnya banyak jemaah haji asal Indonesia yang tidak memperhatikan hal-hal penting yang sudah diingatkan sebelum keberangkatan.

Hal paling sering menjadi permasalahan jemaah haji adalah penggunaan alas kaki. Saat lantai di luar bangunan masjid sangatlah panas, kondisi ini sering menyebabkan cedera pada telapak kaki.

“Cedera pada kaki akibat menginjak lantai yang panas dapat menghambat aktivitas ibadah selanjutnya jemaah. Oleh karenanya penting bagi jemaah untuk memperhatikan arahan dari petugas kesehatan dan pembimbing di kloternya masing-masing,” ujar dr.Mahesa Paranadipa, Wakil Koordinator Tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH).

Tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH) sering menemukan jemaah yang keluar dari bangunan masjid tanpa menggunakan alas kaki. Hal itu disebabkan para jemaah sering lupa menyimpan alas kaki nya.

“Tim P3JH adalah bagian dari PPIH non kloter yang memberikan layanan umum dengan kemampuan khusus kesehatan. Tim ini hanya membantu penanganan darurat awal, selanjutnya masalah kesehatan ditangani oleh petugas PPIH Kesehatan,” tambah Mahesa.



Sumber: Suara Pembaruan