Langkah Karantina Wilayah, Pelabuhan Kualatungkal Jambi Ditutup

Langkah Karantina Wilayah, Pelabuhan Kualatungkal Jambi Ditutup

Selasa, 31 Maret 2020 | 13:46 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi menutup pelabuhan laut Kualatungkal, Tanjabbar untuk kapal penumpang mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) ke daerah itu. Langkah awal lockdown (karantina wilayah) tersebut dilakukan terhitung Rabu (1/4/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tanjabbar, Agus Sanusi di Jambi, Senin (30/3/2020) mengatakan, sebelum mengambil kebijakan penutupan pelabuhan Kualatungkal, pihaknya sudah menyampaikan surat permohonan kepada Kementerian Perhubungan di Jakarta.

“Pihak Kementerian Perhubungan menyetujui surat permohonan kami tersebut. Surat persetujuan tersebut sudah kami terima. Karena itu kami mulai melakukan penutupan pelabuhan Kualatungkal untuk kapal penumpang mulai Rabu (1/4/2020). Pelabuhan tersebut hanya melayani kapal barang, khususnya kebutuhan pokok” katanya.

Dikatakan, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjabbar melalui surat Nomor 550/210/Dishu/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Antisipasi Pencegahan Covid-19 di Pelabuhan Ro-Ro Kualatungkal, meminta pihak Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menghentikan kegiatan kapal penumpang Batam – Kualatungkal.

Selanjutnya, kata Agus Sanusi, pihak ASDP Batam, Kepri sudah memberikan surat edaran kepada para pengusaha angkutan laut atau Roll on Roll off (Roro) Batam – Kualatungkal untuk menghentikan pelayanan penumpang mulai Rabu (1/4/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sedangkan pelayanan kapal Batam – Kualatungkal untuk angkutan barang dan kebutuhan pokok tetap diperbolehkan.

Perbatasan Jalintim

Sementara itu Satuan Gabungan Polres Tanjabbar dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi memperketat pengawasan orang masuk di perbatasan Jambi – Riau, mulai Senin (30/3/2020) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Seluruh penumpang bus, minibus, truk dan pengendara sepeda motor yang hendak masuk ke Jambi dari arah Riau menjalani pemeriksaan kesehatan di Posko Penanganan Covid-19 Jambi, di Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjabbar.

“Untuk mengetahui kondisi kesehatan penumpang, seluruh penumpang kami minta turun mobil. Lalu mereka mencuci tangan dengan sabun dan air, kemudian baru menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Barang-barang penumpang, bus, minibus, truk dan sepeda motor juga turut disemprot disinfektan,”kata Kapolres Tanjabbar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guntur Saputro di Tanjabbar, Senin (30/3/2020).

Dijelaskan, pemeriksaan penumpang bus, minibus, truk dan pengendara sepeda motor di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, wilayah Tanjabbar tersebut dilakukan di bilik sterilisasi. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, identitas seluruh penumpang dan pengendara sepeda motor juga dilakukan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan penumpang dan pengendara di Posko Penanganan Covid – 19 Jalintim Sumatera, Tanjabbar, Jambi, hari ini, Senin (30/3/2020), tidak ada penumpang maupun pengendara yang terindikasi atau mengalami gejala terinfeksi virus corona,”katanya.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Pemprov Jateng Sediakan Nasi Kotak Gratis untuk Sopir Ojol

Titik pengambilan di depan gerbang Kantor Pemprov Jateng. Dimulai sejak pukul 11.00 WIB, 1000 nasi kota habis dalam waktu 30 menit.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Tiga Warga Sulteng Positif Terjangkit Covid-19

Haris mengatakan, tambahan satu warga Palu yang positif corona itu, kini dirawat di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar, Sulawesi Selatan.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Penanganan Virus Corona, Polri Dukung Penuh Jika Darurat Sipil Diterapkan

Polri mendukung penuh setiap kebijakan pemerintah terkait penanganan virus corona. Begitu juga apabila nantinya diputuskan penerapan darurat sipil.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Cegah Covid-19, Kabupaten Tanjabtim Mulai Lakukan Karantina Wilayah

Tiga pintu masuk ke Tanjabtim sudah mulai ditutup, mulai Senin (30/3/2020).

NASIONAL | 31 Maret 2020

Lawan Covid-19, Anggota DPRD Ajak Warga Berjemur di Matahari Pagi

Yahdi bersama tokoh masyarakat setempat saling meningatkan tentang pentingnya berjemur diri di jam 10.00 WIT.

NASIONAL | 31 Maret 2020

100 Ribu Warga Jateng Sudah Mudik

Kini mereka tersebar ke berbagai daerah di Jateng, dari Wonogiri, Jepara, Purbalingga hingga Rembang.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Status Sumut Dinaikkan Jadi Tanggap Darurat Covid-19

Status dinaikan dengan pertimbangan meningkatnya eskalasi orang terjangkit, sehingga dibutuhkan penanganan yang yang cepat.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Bob Hasan Tutup Usia

Bob Hasan pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Imported Case, Pemerintah Pantau 3.000 WNI dari Malaysia yang Datang ke RI

Jokowi dapat laporan dalam beberapa hari ini akan ada sekitar 3.000 pekerja migran yang kembali dari Malaysia ke Indonesia setiap harinya.

NASIONAL | 31 Maret 2020

Jokowi: WNI dari Luar Negeri Berstatus ODP

Kebijakan itu ditempuh untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

NASIONAL | 31 Maret 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS