Cegah Kecelakaan Kapal, Ditjen Hubdat Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Cegah Kecelakaan Kapal, Ditjen Hubdat Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:59 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Yogyakarta, Beritasatu.com -Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pengawasan operasional sungai, danau, penyeberangan (SDP).

Hal ini dilakukan untukmencegah terulangnya kecelakaan kapal yang terjadi Danau Toba, Sumatera Utara.

Di tahun 2018, sebanyak 164 orang dinyatakan hilang akibat tenggelamnya kapalKM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba.

"Ada beberapa hal yang menjadi kelemahan kita salah satunya menyangkut masalah pengorganisasian atau entitas dari SDP sendiri. Kalau kita ingat dua tahun lalu, di kecelakaan kapal di Danau Toba hanya ditangani oleh seorang Kasubdit. Sejak itu, kita terus berbenah," ungkap Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di acara Bimtek Pelaksanaan Fungsi Operasional Pengawasan SDP di Alana Hotel & Convention Center, Yogyakarta, Selasa (11/8/2020).

Budi menekankan, pelayanan SDP ke depannya harus fokus pada keselamatan bertransportasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di Danau Toba.

Terlebih dengan adanyaPM Nomor 122 Tahun 2018, lanjut Budi, Ditjen Hubdat kini memegang fungsi keselamatan dan keamanan transportasi SDP. Sebelumnya, fungsi ini diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Laut (Ditjen Hubla).

Dengan ini, terbentuklah terdapat Direktorat Transportasi SDP sebagai salah satu unit kerja Ditjen Hubdat. Fungsi keselamatan dan keamanan SDP berupa kesyahbandaran, patroli dan penegakan hukum berada pada Subdirektorat Pengawasan Operasional SDP.

"Jika kita keluar ruangan ini kemudian bicara mengenai aspek keselamatan dan keamanan di kapal, masyarakat kita tidak akan mengatakan ini kewenangan Perhubungan Laut, ini kewenangan Perhubungan Darat, dan sebagainya. Namun, harus kita sadari ini adalah pekerjaan kita," kata Budi.

Adapun bimtek yang berlangsung hingga Jumat (14/8/2020) tersebut membahas beberapa materi mengenai fungsi keselamatan dan keamanan TSDP. Di antaranya mengenai pelaksanaanfungsi patroli, pengamanan, penanggulangan musibah, dan tertib berlayar.

Terdapat pula pembahasan terkait implementasi PM 122 Tahun 2018, kesiapan Poltrans SDP Palembang dalam penyelenggaraan diklat SDM TSDP, serta manajemen keselamatan dan sertifikasi kapal SDP.

Para peserta juga akan mendapatkan paparan terkait tugas, fungsi, dan wewenang syahbandar.

Acara tersebut juga merupakan pengukuhan 60 pejabat pemeriksa keselamatan kapal SD (marine inspector).



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Bamsoet Minta Pemerintah Kawal Vaksin Merah Putih Hingga Selesai

Menurut Bamsoet, Pemerintah harus tetap memperhatikan perkembangan pembuatan vaksin merah putih tersebut hingga tahap produksi.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Jaksa Pinangki Tersangka, MAKI: Harus Ditindaklanjuti ke Level Selanjutnya

Dalam kasus korupsi gratifikasi maupun suap hampir dipastikan dilakukan oleh minimal dua orang sehingga Kejagung perlu segera mengembangkan kasus tersebut.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

50 Dosen Universitas Bengkulu Jalani Tes Swab Covid-19

Sejak ada dosen Unib terpapar virus corona, maka ada lima fakultas di perguruan tinggi ini tutup selama beberapa hari ke depan.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Potong Mata Rantai Covid-19, Wakapolri Minta Jajaran Jalankan Tugas Serius

Dikatakan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono jika bisa memotong mata rantai penyebaran Covid-19, kesehatan masyarakat pulih dan ekonomi bangkit.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Pimpinan DPR Apresiasi Pemerintah Percepat Bantuan Rp 2,4 Juta per UMKM

Bantuan itu diharapkan bisa sebagai modal usaha di masa pandemi dan mampu menggerakkan roda perekonomian secara optimal.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

PPP Pahami Alasan Pemerintah Akan Bubarkan Lagi 13 Lembaga

PPP berharap lembaga yang dibubarkan adalah lembaga yang tidak berkaitan langsung dengan pelayanan publik.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Petani Karo Korban Erupsi Sinabung Berharap Bantuan Pemerintah Pusat

Bantuan pemerintah pusat sangat ditunggu meringankan petani di 3 kecamatan yakni, Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi, dan Dolat Rayat, Tanah Karo.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Tunggu Petunjuk Pusat, Sumut Masih Gunakan Istilah Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Pemprov Sumut masih terus melakukan koordinasi dengan pusat dalam penanganan dan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Puncak Hari Pelangi Nusantara Digelar di Ende dan Nagekeo

Beberapa subsektor industri penerbangan yang perlu diperhatikan adalah industri perawatan pesawat serta pelatihan pilot dan teknisi.

NASIONAL | 12 Agustus 2020

Peduli Covid-19, Allianz Group Bantu Ratusan Keluarga di Bali, Flores, dan Palu

Selama penanganan Covid-19, SOS Children’s Villages fokus memberikan bantuan dan dukungan kepada lebih dari 2.400 keluarga rentan di 10 kota.

NASIONAL | 12 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS