Tumbang Oleh Thailand, Indonesia Kian Terpuruk

Tumbang Oleh Thailand, Indonesia Kian Terpuruk
Pemain Timnas Indonesia Andik Vermansyah (kiri) berusaha melewati pemain Timnas Thailand Supachok Sarachat saat pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa 10 September 2019. ( Foto: Antara Foto / Hafidz Mubarak A )
Jaja Suteja / JAS Selasa, 10 September 2019 | 21:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia mengalami kekalahan untuk kedua kalinya dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Jika lima hari lalu, menyerah 2-3 saat melawan Malaysia, hari ini Selasa (10/9/2019), Tim Merah Putih juga takluk 0-3.

Dua kekalahan ini terjadi saat Indonesia menjadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam pertandingan melawan Thailand, gawang Indonesia dijebol oleh Supachok Sarachart (dua gol) dan Theerathorn Bunmathan dari titik penalti.

Hasil ini membuat posisi Indonesia di klasemen Grup G tetap berada di urutan terbawah. Pasukan Simon McMenemy berada di urutan kelima setelah tak mampu memetik poin dalam dua pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, melakukan beberapa perubahan dalam timnya dibanding yang menghadapi Malaysia. Di lini depan, Irfan Bachdim diturunkan. Pemain kelahiran Belanda ini turun sebagai trio penopang striker Alberto "Beto" Goncalves, bersama Stefano Lilipaly dan Andik Vermansyah.

Di barisan belakang, pelatih asal Skotlandia itu juga menampilkan Yanto Basna sebagai duet Hansamu Yama di jantung pertahanan.

Kiper indonesia Andritany Ardhiyasa melakukan tiga kali penyelamatan gemilang pada babak pertama. Pada menit ke-25, dia berhasil menggagalkan upaya dari Supachok Sarachat.

Gawang Indonesia nyaris kebobolan pada menit ke-40 dan 45. Namun dalam dua kesempatan itu kiper Andritany kembali menjadi pahlawan. Dia berhasil menggagalkan dua peluang emas Thailand lewat sundulan dan tendangan bebas.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali berupaya mencetak gol. Namun gawang Andritany akhirnya kebobolan pada menit ke-58 melalui aksi Supachok Sarachart.

Thailand hanya butuh delapan menit untuk menambah keunggulan menjadi 2-0. Pasukan yang dilatih Akira Nishino ini mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran kiper Andritany di kotak terlarang.

Theerathorn Bunmathan yang ditunjuk menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Bek kiri klub Jepang Yokohama F. Marinos ini berhasil memperdaya Andritany dan membuat Indonesia kian tertinggal. 

Indonesia kian sulit mengejar Thailand setelah gawang Andritany bobol untuk ketiga kalinya pada menit ke-72. Supachok Sarachart mencetak gol keduanya dalam laga di SUGBK ini dan membawa tim tamu unggul 3-0.

 



Sumber: Suara Pembaruan