Ridwan Kamil Berduka Atas Meninggalnya Ipda Ewin

Ridwan Kamil Berduka Atas Meninggalnya Ipda Ewin

Senin, 26 Agustus 2019 | 14:37 WIB
Oleh : CAH

Bandung, Beritasatu.com - Gubenur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Emil menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka cita mendalam atas gugurnya Ipda Erwin Yudha Wildani, salah satu anggota polisi yang menjadi korban luka bakar saat mengamankan aksi demo di Cianjur.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas perginya pahlawan dari kepolisian yang sebelumnya dirawat di rumah sakit. Saya menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga anggota kepolisian tersebut kepada anggota kepolisian Cianjur dan Polda Jawa Barat," kata Gubernur Emil di Bandung, Senin (26/8/2019).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini berharap pelaku yang melemparkan sekantung plastik bahan bakar ke arah kerumunan massa dan mengenai anggota polisi Cianjur dihukum.

"Saya berharap kepada mereka yang bertanggung jawab ditinjau secara hukum sesuai dengan hukum negara ini," kata dia.

Selain itu, Gubernur Emil meminta kepada semua pihak yang akan melakukan aksi unjuk rasa agar menyampaikan tuntutan sesuai aturan dan tidak melanggar koridor hukum tanpa harus menggunakan kekerasan.

"Ini pelajaran juga untuk teman-teman mahasiswa agar menyampaikan aspirasi sesuai dengan cara-cara yang ada dan tidak melanggar hukum," kata dia.

Sebelumnya, Kamis, 15 Agustus lalu terjadi aksi demo di Cianjur yang berujung dengan pembakaran ban bekas sebagai bentuk penolakan atas kinerja Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Mendapati hal tersebut, sejumlah anggota kepolisian yang sejak pagi mengawal aksi termasuk Ipda Erwin berusaha menghalangi dan memadamkan ban bekas yang mulai menyala.

Saat itu, ada oknum yang melemparkan sekantung plastik bahan bakar ke arah kerumunan sehingga empat orang polisi tersambar api hingga mengalami luka bakar. Adapun luka bakar yang dialami Ipda Erwin mencapai 80 persen dan dirinya pun sempat menjalani perawatan selama 11 hari.

Almarhum adalah seorang personel Polri Perwira yang berdedikasi dan telah mengabdikan diri bertugas selama 25 tahun 7 bulan dan telah meninggalkan keluarga dengan satu istri dan dua orang anak.

Selain Ipda Erwin, tiga anggota polisi lainnya yang juga menjadi korban insiden tersebut di antaranya Briptu Yudi Muslim, Briptu FA Simbolon dan Briptu Anif. Ketiganya juga hingga kini masih dalam penanganan medis di Rumah Sakit Sartika Asih dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung.

Dalam insiden aksi yang berujung petaka tersebut, kepolisian telah menetapkan lima orang tersangka yang merupakan mahasiswa sebuah universitas di Cianjur. Kelimanya diduga memiliki peran masing-masing hingga aksi tersebut menyebabkan jatuhnya korban luka bakar.

Kepada para tersangka polisi menerapkan beberapa pasal yang disangkakan kepada para mahasiswa yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Di antaranya Pasal 170, 213 dan pasal 351, dengan ancaman pidana di atas lima tahun.



Sumber:ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

4.000 Hektare Tanaman Padi di Jambi Terancam Gagal Panen

Jika hujan tidak turun di Jambi hingga sepekan mendatang, luas tanaman padi yang puso, rusak berat dan rusak ringan diperkirakan bertambah lagi.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

Dinilai Merugikan, PTTUN Batalkan SK Gubernur Sumut

Hermansyah menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah hukum jika putusan pengadilan yang sudah inkrah itu tidak dijalankan instansi terkait.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

Lokasi Ibu Kota Baru Berada di Tengah Indonesia

Tersedia lahan seluas 180.000 hektare yang dikuasai pemerintah.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

Semua Elemen Bangsa Harus Ikut Bela Negara

Pemerintah dan rakyat diikat dengan simpul ideologi.

NASIONAL | 23 Agustus 2019

Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

Untuk memindahkan ibu kota, Jokowi telah meminta izin kepada anggota DPD dan DPR, sesepuh, tokoh bangsa, dan terutama rakyat Indonesia.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

Gubernur Kaltim Diundang dalam Jumpa Pers soal Ibu Kota Baru

Wapres Jusuf Kalla juga berada di Istana Kepresidenan.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

KM Santika Nusantara Terbakar di Perairan Masalembu, 306 Orang Selamat

Dari 309 orang yang berhasil dievakuasi, 306 orang dalam kondisi selamat, sedangkan tiga orang penumpang meninggal dunia.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

Arkeolog Teliti Penemuan Kapal Kuno di Jambi

Ekskavasi atau penggalian situs kapal kuno yang disebut Kapal Zabag tersebut kini sedang dilakukan.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

Kursi Wagub DKI Masih Kosong, Begini Harapan Mendagri

Mendagri mengharapkan anggota DPRD DKI yang baru segera memprogramkan atau merencanakan untuk memilih wagub DKI.

NASIONAL | 26 Agustus 2019

20 Capim KPK Jalani Tes Kesehatan di RSPAD

Tim ahli dari RSPAD bakal memeriksa secara menyeluruh kesehatan para kandidat baik kesehatan jasmani maupun kejiwaan.

NASIONAL | 26 Agustus 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS