KPK Pastikan Kawal Sidang Pelaku Penganiaya Novel Baswedan

KPK Pastikan Kawal Sidang Pelaku Penganiaya Novel Baswedan
Penyerang Novel Baswedan. (Foto: Antara)
Fana Suparman / FER Kamis, 12 Maret 2020 | 16:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal ikut memantau jalannya sidang kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Baca: KPK Klaim Tak Hapus Nilai Religiositas

Persidangan perdana dengam terdakwa Rony Bugis dan Rahmat Kadir Mahulete itu rencananya bakal digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) pada Kamis (19/3/2020) mendatang.

"KPK bersama masyarakat tetap akan ikut bersama-sama mengawal persidangan yang akan digelar terbuka untuk umum tersebut," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (12/3/2020).

Ali mengatakan, sejauh ini, wadah pegawai (WP) KPK bakal turun langsung memantau jalannya persidangan pelaku teror terhadap Novel Baswedan. Tak hanya KPK, Ali berharap masyarakat turut memantau dan mengawal persidangan ini.

"Sejauh ini, informasi yang kami terima, teman-teman dari wadah pegawai KPK juga akan hadir pada persidangan tersebut," katanya.

Baca: Tersangka Kasus Novel Akan Disidang

Diberitakan, PN Jakut akan menggelar sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap Rony Bugis dan Rahmat Kadir Mahulete. Sidang ini akan dipimpin Ketua Majelis Hakim Djuyamto, dengan anggota Taufan Mandala dan Agus Darwanta serta Panitera Penganti M Ichsan.

Sebelumnya, Polisi telah menangkap dua tersangka penyiram air keras terhadap Novel Baswedan, Kamis (26/12/2019) lalu.

Penangkapan terhadap Rony dan Rahmat yang merupakan polisi aktif itu dilakukan kepolisian setelah melalui proses yang panjang dengan berbagai tim yang dibentuk sejak teror terhadap Novel Baswedan terjadi pada 11 April 2017 silam.

Meski demikian, hingga kini belum diketahui secara pasti motif Rony dan Rahmat meneror Novel. Kepolisian juga belum berhasil mengungkap otak atau pelaku utama dari teror yang membuat kedua mata Novel terluka parah tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com