Proyek Penguatan Central Hub Carina BMKG Dipertanyakan

Proyek Penguatan Central Hub Carina BMKG Dipertanyakan
Ilustrasi BMKG (Foto: Istimewa)
Yuliantino Situmorang / YS Sabtu, 7 Maret 2020 | 23:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Proyek (Pat-Inatews) Penguatan Central Hub Carina yang ditenderkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika lewat SIRUP LKPP 2020 dipertanyakan. Terutama terkait penamaan proyek itu yang mengacu pada produk tertentu.

“Kami menemukan beberapa indikasi pelanggaran dalam tender proyek di BMKG. Itu bisa dilihat dari judul tender (Pat-Inatews) Penguatan Central Hub Carina. Bahkan ini sudah terjadi sejak 2018,” ujar Ketua Umum Masyarakat Anti Monopoli Moh Jawahir dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Menurut dia, BMKG yang seharusnya terbuka menerima teknologi terbaik untuk memperkuat sistemnya, justru terindikasi dimanfaatkan oleh sebagian oknum di dalamnya untuk menguntungkan diri sendiri maupun kelompknya.

Ia menilai, penamaan judul tender dengan “Carina” yang merupakan merek dari produk tertentu, jelas merupakan perbuatan melawan hukum karena masuk dalam kategori praktik monopoli.

Hal itu diatur pada Pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, kami meminta KPPU sebagai Lembaga independen untuk menindak tegas dugaan pelanggaran ini,” tegasnya.



Sumber: PR/Suara Pembaruan