Ketua KPK Sebut Pegang Surat Penarikan Kompol Rossa

Ketua KPK Sebut Pegang Surat Penarikan Kompol Rossa
Firli Bahuri. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Kamis, 6 Februari 2020 | 17:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan pihaknya memiliki surat dari kepolisian yang menyebut penarikan Komisaris Polisi (Kompol) Rossa dari KPK ke institusi asalnya.

"Ada suratnya. Tanggal 13 itu diterima suratnya penarikan terhadap dua penyidik. Dari kejaksaan juga kita terima penarikan dua jaksa penuntut umum. Tanggal 15 dibahas, tanggal 21 dibuat surat keputusan pemberhentian yang bersangkutan. Apa yang tidak ada?" kata Firli Bahuri menjawab wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Polri Akui Kompol Rosa Dikembalikan dari KPK

Ketika ditanya bahwa kepolisian juga mengirim surat pembatalan, Firly menjawab tidak ingin menanggapi yang bukan ditanya kepadanya. Firly mengatakan KPK sudah melakukan komunikasi dan sinergi dengan kepolisian termasuk dalam pencarian Harun Masiku terkait kasus di KPK. "Kita sudah menyampaikan meminta bantuan kepada Polri. Alhamdulillah kita apresiasi," kata Firli Bahuri.

Penyidik KPK Kompol Rossa Batal Dikembalikan ke Kepolisian

Kapolri sudah perintahkan menyebar surat daftar pencarian orang (DPO) atas nama Harun Masiku. "Saya kira itu yang kita kembangkan. Sinergi itu," tambah Firli Bahuri.

Dikejar kembali soal surat pembatalan penarikan itu, Firli menyatakan pihaknya sudah lebih dulu menerima surat penarikan penugasan Kompol Rossa. "Bukan masalah tidak berlaku. Putusan pimpinan sudah menyampaikan bahwa sudah ada surat penghentiannya. sudah kirim penghadapannya saya kira itu," kata Firli Bahuri.

Dengan itu, kata dia, status Kompol Rossa sudah dikembalikan ke kepolisian. "Dia (Rossa, red) tak tak diterima Polri. Tak ada status dong?" tanya wartawan.

"Oh enggak dong, dia tetap anggota Polri, kok. Yang mengatakan tidak ada status itu Anda kok," kata Firli Bahuri.



Sumber: Suara Pembaruan