ZH Janjikan Umrah untuk Eksekutor Pembunuh Hakim Jamaluddin

ZH Janjikan Umrah untuk Eksekutor Pembunuh Hakim Jamaluddin
Tersangka pembunuh hakim PN Medan Jamaluddin Zuraida Hanum (tengah) saat konferensi pers kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin, di Mapolda Sumut, Kamis 9 Januari 2020. ( Foto: Antara / Nur Aprilliana Br Sitorus )
/ YUD Senin, 13 Januari 2020 | 16:54 WIB

Medan, Beritasatu.com - Zuraida Hanum (ZH), perempuan otak pelaku pembunuhan terhadap hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin, menjanjikan akan memberangkatkan umrah tersangka JP dan RF.

Hal itu dia ungkapkan dalam reka adegan ulang pembunuhan terhadap suaminya Jamaluddin, Senin (13/1/2020), di Coffee Town, Jalan Ngumban Surbakti, Kecamatan Medan Selayang.

Di tempat itu, ZH bertemu dengan JP dan RF. Di sanalah ketiga tersangka merencanakan untuk membunuh Jamaluddin.

"ZH mengatakan kepada Reza bahwa kalau udah siap bunuh, kakak kasih uang Rp 100 juta dan setelah itu nanti kita umrah," kata tim penyidik.

Pernyataan penyidik kemudian dibantah ZH yang mengaku tidak menjanjikan uang Rp 100 juta kepada para eksekutor.

"Saya janjikan 100 juta untuk umrah berempat suatu saat nanti. Tidak ada saya janjikan uang, tapi saya janjikan umrah untuk ibunya dan dia (RF dan JP), itu maksud saya," kata dia kepada tim penyidik.

Akhirnya, RF dan JP menyetujui permintaan ZH. Setelah mendapatkan kesepakatan, ZH memberikan uang Rp 2.000.000 kepada RF.

"Uang itu untuk membeli peralatan yang digunakan untuk eksekusi, yakni jaket, sepatu, hp, masker, dan sarung tangan," jelas tim penyidik.



Sumber: ANTARA