Idham Azis Calon Kapolri, Polri: Itu Hak Presiden

Idham Azis Calon Kapolri, Polri: Itu Hak Presiden
Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Antara)
Farouk Arnaz / YUD Rabu, 23 Oktober 2019 | 15:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Mabes Polri mengatakan jika pemilihan Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai calon kapolri pengganti Jenderal (pur) Tito Karnavian merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

“Itu hak prerogatif presiden. Jadi pengangkatan menteri, kapolri, panglima TNI semuanya hak prerogatif Presiden. Tentunya saran masukan dari Kompolnas semuanya sudah dikirim surat-suratnya,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (23/10/2019).

Ini sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Polri selalu mendukung apa yang sudah menjadi keputusan presiden mulai tingkat Polres, Polda, hingga Mabes mendukung sepenuhnya penunjukan Idham sebagai calon Kapolri.

“Jabatan PLT Kapolri (yang saat ini diemban Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto) sampai dengan pelantikan kapolri. Minggu depan masih diagendakan fit and proper test di DPR dan DPR setelahnya bersurat kepada presiden,” sambungnya.

Jadi tidak ada istilah kekosongan pimpinan Polri. Sambil menunggu pelantikan Idham, Wakapolri melaksanakan tugasnya dan tanggung jawabnya sebagai kapolri.



Sumber: BeritaSatu.com