Hendropriyono: Polisi Jangan Ragu Tangkap Dalang Demo Anarkistis

Hendropriyono: Polisi Jangan Ragu Tangkap Dalang Demo Anarkistis
Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono di acara acara HUT TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Yustinus Paat / FER Sabtu, 5 Oktober 2019 | 20:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Kepala Badan Intelijen Indonesian (BIN), AM Hendropriyono, meminta polisi segera menangkap para dalang demonstrasi anarkistis yang marak terjadi belakangan ini.

"Polisi tidak boleh ragu menindak tegas dalang demonstrasi yang telah menyebabkan kerusuhan. Siapapun pemerintahan yang dipilih rakyat, kita dukung," ujar Hendropriyono di sela-sela acara HUT TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Baca Juga: TNI Solid Dukung Pemerintah

Menurut Hendropriyono, demonstrasi anarkistis terus berlanjut karena terkesan ada pembiaran terhadap para dalangnya. Namun, dia yakin para dalang ini akan segera ditangkap polisi.

"Itu karena ada pembiaran, yang mereka kira dibiarkan. Namun, saya yakin tidak akan dibiarkan karena dalang-dalangnya itu merasa tidak akan bisa ditangkap. Padahal tidak ada yang kebal hukum di negara ini. Siapapun yang melanggar, harus ditindak," tegasnya.

Hendropriyono juga mengingatkan aparat jika abai menangkap para dalang demonstrasi anarkistis ini. Pasalnya, mereka diperkirakan bakal mengganggu stabilitas keamanan khususnya menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Baca Juga: Benahi Partai, PKPI Perkuat Pengurus Provinsi

"Karena dalangnya belum ditangkap dan masih terus berkibar-kibar, jelas-jelas dapat mengganggu pelantikan Presiden. Jadi, harus sesegera mungkin diisolasi," tambahnya.

Hendropriyono meminta agar para dalang tersebut harus menyediakan ganti rugi atas apa yang telah mereka lakukan dengan demonstrasi anarkistis. "Mereka harus mengganti kerugian sosial yang timbul akibat demonstrasi tersebut," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com