Penyidik Geledah Kantor Dispora Sumut

Penyidik Geledah Kantor Dispora Sumut
Penyidik Polda Sumut menggeledah ruangan Kepala Dispora Sumut, Kamis (18/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / FER Kamis, 18 Juli 2019 | 16:34 WIB

Medan, Beritasatu.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Sumut menggeledah Kantor Dispora Sumut di Jalan Williem Iskandar Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (18/7/2019).

Penggeledahan ini terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi renovasi lintasan sirkuit tartan atletik Pusat Pelatihan Pelajar (PPLP) Sumut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Medan Sunggal, yang dikerjakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut tahun 2017 bersumber anggaran APBD Sumut.

Dalam kasus ini, unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sumut, yang menangani perkara tersebut, petugas sudah menetapkan Sujamrat, selaku Kuasa Pengguna Anggaran di Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumut, sebagai tersangka.

Penyidik menemukan penyimpangan karena proses penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Spesifikasi Teknis, tanpa melakukan survei.

Harga dibuat dalam perkiraan sendiri dan spesifikasi teknis diperoleh dari Deddy Oktavardian, Direktur Utama PT Pajajaran Multicon Indonesia. Pengerjaan proyek ini dengan menelan anggaran sebesar Rp 4.797.700. Petugas menemukan penyimpangan proyek yang merugikan negara sebesar Rp 1.537.273.395.

Selain menetapkan status tersangka terhadap Sujamrat, penyidik juga sebelumnya sudah berulangkali melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dispora Sumut.

Pantauan SP, penggeledahan oleh penyidik Tipikor Polda Sumut itu menghebohkan Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebagian dari pegawai terlihat memilih keluar kantor. Diduga, para pegawai keluar kantor karena takut ditanyai oleh petugas. Ada yang keluar gedung dengan membawa kendaraan. Namun, petugas tetap melanjutkan penggeledahan.

Di depan pintu masuk kantor Dispora, sejumlah petugas pun terlihat melakukan penjagaan. Sementara itu, petugas lainnya ikut membantu melakukan pengamanan di dalam gedung. Sejumlah penyidik terlihat mengumpulkan sejumlah dokumen dari dalam gedung Dispora Sumut. Dokumen yang diamankan itu terkait dengan kasus yang sedang ditangani.



Sumber: Suara Pembaruan